Home GadgetSmartphone Nokia 5.4 vs POCO M3: Perbandingan Spesifikasi
Nokia 5.4

Nokia 5.4 vs POCO M3: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, JakartaHMD Global adalah pemain besar di pasar smartphone tetapi sering diremehkan. Jika Anda menginginkan ponsel dengan stok Android dan pembaruan jangka panjang, bahkan di segmen entry-level, Anda harus memilih ponsel Nokia. Ini adalah keuntungan terbesar dari perangkat Nokia, tetapi bukan satu-satunya. Nokia 5.4 baru-baru ini memulai debutnya di pasar India dengan banderol harga yang sangat menarik dan spesifikasi yang cukup bagus. Di sini, kami membandingkannya dengan salah satu perangkat terbaik di segmen harga yang sama dan yang terbaik yang memiliki fitur chipset yang sama dengan Nokia 5.4 yakni POCO M3 dari Xiaomi.

Baca juga: Redmi 9C vs Redmi 9A vs Redmi 9: Perbandingan Spesifikasi

Nokia 5.4Desain

Anda tidak boleh menggunakan perangkat yang sangat terjangkau jika Anda menginginkan desain premium, tetapi Nokia 5.4 tetap merupakan ponsel yang cukup elegan. Meskipun merupakan perangkat entry-level, memiliki layar berlubang dengan bezel tipis dan bodi yang ringan. Perangkat ini lebih kompak dan bahkan lebih tipis dari POCO M3, serta lebih menarik. POCO M3 jelas lebih kurang enak dipandang dengan modul kameranya yang besar dan notch tetesan airnya membuatnya terlihat seperti ponsel dengan desain jadul. Sementara POCO M3 memiliki pembaca sidik jari yang dipasang di samping, Nokia 5.4 memiliki pemindai yang dipasang di belakang.

Layar

Jika kita melihat kualitas tampilan, tidak ada banyak perbedaan antara Nokia 5.4 dan Xiaomi POCO M3. Keduanya menampilkan panel IPS dengan resolusi HD + (720 x 1560 piksel), serta kecerahan khas 400 nit. Tingkat detailnya kurang lebih sama, begitu pula reproduksi warnanya. Yang berubah adalah tampilan diagonal: Anda mendapatkan 6,39 inci dengan Nokia 5,4 dan 6,53 inci punya Xiaomi POCO M3. Inilah yang membuat Xiaomi POCO M3 lebih nyaman untuk pengguna yang kuat, tetapi resolusi HD +.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Nokia 5.4 dan Xiaomi Poco M3 ditenagai oleh chipset yang sama, Snapdragon 662 dari Qualcomm. Tetapi Xiaomi POCO M3 memiliki konfigurasi memori yang lebih baik. Varian 128GB dari Xiaomi POCO M3 hadir dengan penyimpanan asli UFS 2.2 dan RAM hingga 6GB. Sementara Nokia 5.4 hanya memiliki RAM 4GB dan tidak memiliki penyimpanan internal yang begitu cepat. Di sisi lain, Nokia 5.4 lebih menarik dalam hal perangkat lunak, perangkat ini memiliki versi Android stok yang kemungkinan besar akan mendapatkan pembaruan yang lebih cepat dan lebih konstan dari pabrikan.

Kamera

Di atas kertas, Nokia 5.4 memiliki pengaturan kamera yang lebih baik. Hampir sama dengan POCO M3, dengan satu perbedaan: Nokia 5.4 memiliki sensor ultrawide 5 MP, sedangkan rivalnya tidak. Lebih lanjut, Nokia 5.4 memiliki kamera selfie 16 MP yang lebih baik, sementara lawannya hanya memiliki 8 MP di sisi depan. Setelah melihat spesifikasi di atas kertas, tampaknya tidak ada keraguan tentang fakta bahwa Nokia 5.4 adalah ponsel kamera yang lebih baik, tetapi hanya jika menggunakan foto dan selfie ultrawide.

Baca juga: Headphone Nokia E3200, E3500 True Wireless & E1200 Resmi Diluncurkan

Baterai

Xiaomi POCO M3 memiliki baterai yang jauh lebih besar daripada Nokia 5.4, kapasitasnya adalah 6000 mAh. Dan mengingat bahwa Xiaomi POCO M3 memiliki lembar spesifikasi yang mirip dengan Nokia 5.4 dengan chipset yang sama dan spesifikasi tampilan yang hampir sama, daya tahan baterainya lebih lama di setiap skenario. Tidak hanya itu: POCO M3 memiliki fitur pengisian cepat 18W dan pengisian balik, sementara Nokia 5.4 tidak memiliki fitur-fitur ini. Baterainya lebih kecil dan memiliki pengisian standar.

Harga

Nokia 5.4 membawa harga mulai Rp 2,7 jutaan di India (kita berbicara tentang varian dasar dengan RAM 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB), sedangkan konfigurasi dasar Xiaomi Poco M3 berharga Rp 2,1 jutaan. Nokia 5.4 adalah ponsel yang lebih baik kecuali baterainya, tetapi Xiaomi POCO M3 mengusung harga yang lebih terjangkau. Ini bukan pilihan yang mudah memberikan masa pakai baterai yang lama dan pengisian cepat yang ditawarkan oleh POCO M3, tetapi mengingat itu memungkinkan kami menghemat uang, kami akan melakukannya.

Berita Lainnya

Leave a Comment