Home GadgetSmartphone Nokia 5.4 vs realme 7: Perbandingan Spesifikasi
Nokia 5.4

Nokia 5.4 vs realme 7: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, JakartaNokia 5.4 diluncurkan beberapa bulan yang lalu untuk pertama kalinya, namun kini HMD Global meluncurkannya di beberapa wilayah dan negara-negara Eropa. Harganya masih sangat kompetitif, tetapi konkurensinya sengit. Apakah merek Eropa mampu bersaing dengan ponsel paling kompetitif yang dirilis oleh handset China? Tidak ada cara yang lebih baik untuk memahaminya selain membandingkan Nokia 5.4 dengan perangkat asal Cina terbaik dalam kisaran harga yang sama. Kami akan coba membandingkan spesifikasi-nya dengan realme 7.

Baca juga: Xiaomi Mi 11 vs OPPO Find X2 Pro: Perbandingan Spesifikasi

Nokia 5.4

Desain

Sayangnya, Nokia 5.4 dan realme 7 tidak menawarkan desain premium. Keduanya dibuat dengan bodi plastik dan tidak memiliki material kaca di bagian belakang, maupun bingkai aluminium. Tapi mereka masih memiliki tampilan yang cukup bagus. Keunggulan dari Nokia 5.4 adalah ukurannya yang kompak dengan bodi yang lebih ramping dan lebih tipis. realme 7 memiliki tampilan yang lebih baik karena hadir dengan bagian yang lebih bersih, varian warna reflektif, dan tampilan punch-hole dengan rasio screen-to-body yang lebih tinggi. Tapi lebih besar, lebih tebal dan lebih berat karena layar dan baterainya yang lebih besar.

Layar

Apakah Anda membutuhkan tampilan terbaik? Maka Anda pasti harus menggunakan realme 7. Pertama-tama, fitur resolusi lebih tinggi daripada Nokia 5.4: Full HD +, dengan 1080 x 2340 piksel. Lebih lanjut, ini memiliki kecepatan refresh 90 Hz yang lebih tinggi. Last but not least, bahkan kecerahannya lebih tinggi. Nokia 5.4 memiliki layar yang lebih kecil yang sebenarnya lebih mudah digunakan dengan satu tangan, tetapi memiliki resolusi HD + yang lebih rendah dan kecepatan refresh standar. Untuk otentikasi, realme 7 mengandalkan pembaca sidik jari yang dipasang di samping, sedangkan Nokia 5.4 memiliki pembaca sidik jari yang dipasang di belakang.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Jika Anda menginginkan performa tertinggi, maka realme 7 adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Perangkat ini menggunakan chipset Helio G95 yang kuat dari MediaTek yang dipasangkan dengan RAM hingga 8GB dan penyimpanan internal UFS 2.1 hingga 128GB. Nokia 5.4 menggunakan Snapdragon 662 yang lebih lemah, hanya memiliki RAM 4GB, dan penyimpanan internal hingga 128GB. Kedua ponsel ini berbasis Android 10 dan memiliki fitur slot khusus micro SD untuk memperluas penyimpanan internal.

Kamera

Departemen kamera realme 7 dan Nokia 5.4 sangat dekat. Di sisi belakang, hampir identik dengan pengecualian sensor ultrawide: Anda mendapatkan lensa ultrawide 5 MP di Nokia 5.4 dan kamera ultrawide 8 MP di realme 7. Di sisi depan, keduanya menampilkan selfie 16 MP, tetapi Nokia 5.4 memiliki aperture fokus yang lebih terang. Yang benar-benar membuat perbedaan adalah algoritma kameranya.

Baca juga: Xiaomi Mi 11 vs Samsung Galaxy S21: Perbandingan Spesifikasi

Baterai

realme 7 adalah juara baterai dan memenangkan perbandingan baterai berkat baterai 5000 mAh yang sangat besar, terlepas dari fitur komponen perangkat kerasnya yang kurang efisien. realme 7 juga dilengkapi pengisian cepat 30W yang membawa baterai dari 0 hingga 100 persen hanya dalam 65 menit, sedangkan Nokia 5.4 tidak memiliki pengisian cepat sama sekali.

Harga

Jika kita mempertimbangkan harga awal Nokia 5.4 kisaran Rp 2,7 jutaan untuk konfigurasi RAM  4GB dan 64GB penyimpanan internal. Anda sebenarnya bisa mendapatkan realme 7 seharga Rp 2,9 jutaan, dalam varian standart dengan RAM 4GB dan penyimpanan 64GB. Secara keseluruhan, realme 7 memenangkan perbandingan karena kecepatan refresh layarnya yang lebih tinggi, kinerja yang lebih tinggi berkat chipset Helio G95, baterai lebih besar, dan pengisian cepat 30W. Nokia 5.4 kemungkinan besar akan memiliki departemen perangkat lunak yang terus diperbarui, tetapi spesifikasinya lebih rendah dari realme 7.

 

Berita Lainnya

Leave a Comment