Home GadgetSmartphone OPPO Reno5 Pro vs Reno4 Pro 5G: Perbandingan Spesifikasi
OPPO Reno5 Pro

OPPO Reno5 Pro vs Reno4 Pro 5G: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – Hanya beberapa bulan setelah peluncuran OPPO Reno4 dan Reno4 Pro 5G, seri Reno5 muncul termasuk OPPO Reno5 Pro 5G. Sementara Reno4 Pro adalah ponsel kelas menengah dalam hal perangkat keras, dengan Reno5 Pro merupakan segmen kelas menengah dan menawarkan kinerja yang lebih tinggi. Tetapi OPPO Reno5 Pro 5G mungkin bukanlah ponsel yang lebih baik dari Reno4 Pro 5G dari setiap sudut pandang dan banyak orang mungkin bingung saat mengevaluasi spesifikasi kedua ponsel ini. Mana yang terbaik?

Perbandingan ini akan menonjolkan perbedaan spesifikasi varian Pro terbaru dari seri Reno.

Baca juga: Oppo Reno5 Pro vs realme X7 Pro vs Redmi K30 Pro: Perbandingan Spesifikasi

OPPO Reno5 Pro

Desain

OPPO meningkatkan desain dengan Reno5 Pro 5G. Sekilas, kedua ponsel ini mungkin terlihat identik, tetapi OPPO Reno5 Pro 5G menawarkan lebih banyak berkat pola prismatik dan bagian berpendar yang bersinar dalam gelap. Varian warna Reno Glow memang mengesankan. Namun, tidak ada perbedaan besar jika kami mengecualikan warna dan efek cahaya yang ada di ponsel. Meskipun OPPO Reno5 Pro 5G mengemas baterai yang lebih besar, perangkat ini memiliki dimensi yang hampir sama dengan  Reno4 Pro 5G, tipis dengan bobot yang sama. Kedua ponsel ini dibangun dengan material kaca di belakang dan bingkai aluminium, dan keduanya memiliki layar melengkung di bagian tepi dan desain notch.

Layar

Hadirnya sertifikasi HDR10+ pada OPPO Reno4 Pro 5G memang sangat menarik, namun OPPO Reno5 Pro 5G memberikan kecerahan yang lebih tinggi. Namun, hanya ada sedikit perbedaan antara tampilan kedua perangkat ini. Keduanya menampilkan pemindai sidik jari dalam layar dan ukuran layar 6,55 inci yang sama, serta resolusi Full HD + yang sama dengan 1080 x 2400 piksel. Kami menyarankan untuk tidak terlalu mementingkan tampilan dan melanjutkan dengan mengevaluasi spesifikasi lain dari perangkat ini.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Di sinilah Anda dapat menemukan perbedaan terpenting: chipset. OPPO Reno4 Pro 5G ditenagai Snapdragon 765G yang sebenarnya merupakan SoC kelas menengah. OPPO Reno5 Pro 5G menawarkan prosesor unggulan, Dimensity 1000+. Sebenarnya chipset terbaik yang dirilis oleh MediaTek. Konfigurasi memorinya persis sama: ada RAM 8GB/128GB dan RAM 12GB dan penyimpanan 256GB. Untuk perangkat lunak OPPO Reno4 Pro 5G didasarkan pada Android 10 yang disesuaikan oleh ColorOS 7.2, sementara OPPO Reno5 Pro 5G menjalankan Android 11 dengan ColorOS 11.

Kamera

OPPO Reno4 Pro 5G sebenarnya adalah ponsel kamera yang jauh lebih baik daripada OPPO Reno5 Pro 5G. Reno5 Pro 5G memiliki departemen kamera kelas menengah termasuk sensor utama 64 MP, lensa ultrawide 8 MP, dan sepasang sensor 2 MP untuk makro dan kalkulasi kedalaman. Dengan OPPO Reno4 Pro 5G, Anda mendapatkan sensor utama 48 MP dengan OIS (Sony IMX586), sensor telefoto 13 MP dengan zoom optik 2x, dan kamera ultrawide 12 MP yang juga berfungsi sebagai kamera video khusus. Kamera depannya persis sama: dua sensor 32 MP dengan aperture fokus f / 2.4. Jadi, meski ini ponsel yang lebih tua, OPPO Reno4 Pro 5G adalah ponsel kamera yang lebih baik. Dan itu bahkan salah satu ponsel kamera terbaik di pasar, terutama bagi mereka yang ingin merekam video yang sangat bagus.

Baterai

Kapasitas baterai menjadi titik terlemah dari OPPO Reno4 Pro 5G: hanya berkekuatan 4000 mAh. OPPO Reno5 Pro 5G memiliki baterai 4350 mAh yang lebih besar memberikan masa pakai baterai yang lebih lama. Kedua ponsel ini mendukung teknologi pengisian cepat SuperVOOC 2.0 65W yang memungkinkan mereka untuk terisi penuh dengan kecepatan sangat tinggi. Anda hanya perlu 36 menit untuk mengisi daya OPPO Reno4 Pro 5G dari 0 hingga 100 persen, dan hanya beberapa menit lagi untuk Reno5 Pro 5G. Selanjutnya, Reno5 Pro 5G memiliki fitur pengisian daya terbalik.

Baca juga: Vivo V20 vs OPPO F17 Pro vs realme 7: Perbandingan Spesifikasi

Harga

OPPO Reno5 Pro 5G diluncurkan di pasar Cina dengan harga mulai sekitar Rp 7 jutaan, masih belum tersedia di pasar global. Harga daftar OPPO Reno4 Pro 5G untuk pasar global adalah Rp 13,5 jutaan untuk konfigurasi 12/256 GB. Jika Anda membutuhkan departemen kamera terbaik, Anda pasti harus menggunakan OPPO Reno4 Pro 5G yang menawarkan OIS dan sensor sekunder yang lebih baik untuk departemen kamera utama. Tetapi untuk spesifikasi lainnya, Reno5 Pro 5G adalah pemenangnya: perangkat ini memiliki perangkat keras yang lebih baik dan bahkan baterai yang lebih besar. Desainnya mirip dan begitu pula tampilan, tetapi Reno5 Pro sedikit lebih baik bahkan dari sudut pandang ini. Kalau kami akan memilih OPPO Reno5 Pro 5G.

Berita Lainnya

Leave a Comment