Home GadgetSmartphone realme 7i vs Redmi 9i vs Honor 30i: Perbandingan Spesifikasi
realme 7i

realme 7i vs Redmi 9i vs Honor 30i: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – Xiaomi, realme, dan Honor merilis tiga varian dari jajaran smartphone terbaru mereka yang ditandai dengan huruf “i” di nama mereka. Tetapi mereka tidak hanya berbagi huruf yang sama: semua perangkat ini adalah perangkat dengan harga terjangkau dengan value yang sangat tinggi. Redmi 9i adalah handset entry-level, sedangkan realme 7i dan Honor 30I adalah perangkat mid-low. Apakah layak mengeluarkan segenggam uang untuk mendapatkan banyak fungsi di varian “i”.

Dalam perbandingan ini, kami akan mencoba menjawab pertanyaan ini dan menyoroti perbedaan utama antara ketiga perangkat ini.

Baca juga: realme 7 vs realme 7 Pro vs realme X7: Perbandingan Spesifikasi

realme 7i

Desain

Jika Anda mencari desain paling modern dan elegan, kami yakin Anda harus memilih realme 7i. Berbeda dengan Redmi 9i dan Honor 30i yang mengusung waterdrop notch, realme 7i memiliki tampilan dengan single punch hole yang membuat panel depan tampil lebih elegan dan futuristik. Namun jika Anda hanya membutuhkan ponsel ringkas untuk penggunaan satu tangan yang lebih baik dan lebih pas di saku, maka pilihlah Honor 30i yang memiliki dimensi lebih kecil, lebih tipis, dan bahkan lebih ringan (tetapi layar dan baterai lebih kecil).

Layar

Meskipun tampilannya sebenarnya lebih kecil, Honor 30i memenangkan perbandingan tampilan karena dua alasan: pertama-tama, perangkat ini memiliki resolusi Full HD+ dengan 1080 x 2400 piksel. Lebih lanjut, perangkat ini memiliki panel AMOLED yang menunjukkan warna lebih cemerlang. Honor 30i juga merupakan perangkat yang menawarkan tingkat kecerahan lebih tinggi. Medali perak jatuh ke realme 7i yang menawarkan kecepatan refresh 90 Hz, tetapi memiliki layar IPS dengan resolusi HD+ yang lebih rendah. Redmi 9i kalah karena hadir dengan layar IPS HD+, serta kecepatan refresh standar.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Jika alih-alih kualitas tampilan yang lebih baik Anda membutuhkan kinerja yang lebih tinggi, dapatkan realme 7i tanpa berpikir dua kali. Perangkat ini menggunakan chipset Snapdragon 662 SoC oleh Qualcomm yang dipasangkan dengan RAM 8GB dan 128GB penyimpanan internal UFS 2.1. Sedang Honor 30i dan Redmi 9i, Anda mendapatkan RAM maksimal 4GB. Dalam setiap perangkat sudah menggunakan Android 10, tetapi Honor 30i diluncurkan tanpa layanan Google karena larangan AS. Honor 30i sebenarnya menawarkan chipset yang lebih baik daripada Redmi 9i dengan menggunakan Kirin 710F.

Kamera

Sama seperti yang terjadi pada perbandingan dapur pacu, realme 7i bahkan memenangkan perbandingan kamera. Memiliki sensor utama yang lebih baik pada pengaturan belakangnya (lensa 64 MP dengan aperture f / 1.8 yang cerah) dipasangkan dengan lebih banyak sensor sekunder, termasuk kamera ultrawide 8 MP dan sepasang lensa 2 MP untuk perhitungan makro dan kedalaman. Setelah itu, kami mendapatkan Honor 30i dengan tiga kamera 48 MP termasuk sensor ultrawide dan kamera depan 16 MP yang cukup bagus. Redmi 9i mengecewakan dengan sensor utama 13 MP-nya.

Baterai

Redmi 9i adalah perangkat yang harus memberikan masa pakai baterai paling lama karena memiliki baterai 5000 mAh yang sangat besar dan memiliki kecepatan refresh standar. Sedangkan realme 7i memiliki kapasitas baterai yang sama, tetapi memiliki kecepatan refresh 90 Hz dan lebih membutuhkan energi. Di sisi lain, tidak seperti Redmi 9i, ia mendukung pengisian cepat.

Baca juga: realme C11 vs realme C12 vs realme C15: Perbandingan Spesifikasi

Harga

Redmi 9i dihargai sekitar Rp 1,7 jutaan, realme 7i berharga sekitar  Rp 3 jutaan, dan Anda membutuhkan sekitar Rp 3,4 jutaan untuk mendapatkan satu unit Honor 30i. Saat ini, hanya realme 7i yang baru masuk Indonesia.  Menurut kami jika Anda harus menggunakan Redmi 9i hanya jika Anda ingin menghemat uang: perangkat ini menawarkan pengalaman pengguna yang baik, tetapi tidak dapat bersaing dengan realme 7i dan Honor 30i dengan cara apa pun. realme 7i memiliki baterai yang lebih besar, desain yang bagus, perangkat keras yang lebih baik, dan kamera yang lebih baik daripada Honor 30i, sedangkan Honor 30i memiliki tampilan yang lebih baik dan jauh lebih kompak. realme 7i memenangkan perbandingan spesifikasi kali ini.

Berita Lainnya

Leave a Comment