Home Review Review Samsung Galaxy M11: Baterai Tahan Lama Cocok Buat Bersosial Media Seharian
Galaxy M11

Review Samsung Galaxy M11: Baterai Tahan Lama Cocok Buat Bersosial Media Seharian

by Trendtech Indonesia

Trendtech Samsung sudah secara resmi meluncurkan smartphone di segmen entry-level terbarunya yakni Galaxy M11. Smartphone yang dibandrol harga Rp 1,9 juta ini memiliki fitur lengkap untuk sebuah ponsel dikelas entry-level.

Smartphone yang punya pilihan warna  hitam, biru, dan ungu ini memiliki layar LCD Infinity-O 6,4 inci dengan resolusi HD+ dan punch-hole di sudut kiri atas.

Seperti apa kemampuan Galaxy M11 dan fitur-fitur apa saja yang membuatnya layak menjadi target belanja konsumen di Indonesia? Yuk, langsung saja simak ulasan kami.

Desain

Galaxy M11Saat ini kami mendapatkan Galaxy M11 dengan warna Metallic Blue. Perangkat dengan ukuran dimensi 161.4 x 76.3 x 9.0 mm dengan berat 197gr. Secara ukuran fisik memang perangkat sudah memiliki desain kekinian. Namun bodi agak besar bagi kami, mungkin salah satu alesannya karena ukuran layarnya juga.

Untuk bagian depan perangkat ini memiliki desain punch-hole disebelah kiri atas layar yang disebut desain Infinity-O sementara di bagian belakang terdapat tiga buah kamera yang disusun vertikal di pojok kiri atas. Tepat di tengah, ada sensor sidik jari.

Secara detail, bagian atas terdapat jack 3,5mm, bagian bawah terdapat rongga speaker dan port Type-C. sebelah kanan terdapat tombol volume beserta power, sedangkan bagian kiri terdapat slot sim card.

Finishing pada back cover-nya tidak glossy sehingga terlihat lebih kalem. Samsung menggunakan bahan plastik di bagian belakang serta frame-nya, dan terasa cukup nyaman ketika bersentuhan dengan tangan serta tidak licin.

Oh sekedar informasi saja, pada paket penjualan Galaxy M11 tidak dilengkapi dengan soft casing yang biasanya ada di seri Samsung sebelumnya.

Layar

Galaxy M11Urusan layar Galaxy M11 membenamkan layar Infinity-O pada Galaxy M11, dengan lubang di pojok kiri atas untuk menampung kamera selfie. Ukurannya 6,4 inci dengan panel PLS TFT dan menawarkan resolusi HD+. Tingkat kecerahannya standar saja dan cukup memadai asal tidak berada di bawah sinar matahari yang terlalu terik.

Desain Infinity-O juga turut membantu memaksimalkan lebar layar agar dapat menampilkan konten dengan lebih luas lagi. Bezel di kiri, kanan, dan atasnya tipis, tapi yang di bawah masih agak tebal. Meski memiliki bazel lebih tebal kami sangat nyaman menggunakan layar saat menonton video.

Interface

Galaxy M11Samsung Galaxy M11 sudah mengadopsi sistem operasi OneUI 2.0 berbasis Android 10. Ikon-ikon di dalamnya terlihat fresh dengan warna-warna yang menarik mata, khas tampilan smartphone untuk anak muda. Samsung pun telah membekalinya dengan sederet fitur baru baik bawaan Android 10 maupun yang khas Samsung.

Sepertinya kami tidak harus membahas dengan detail karena sudah pasti memiliki standart yang sama dengan seri-seri sebelumnya.

Performa

Galaxy M11Untuk dapur pacunya, Galaxy M11 ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 450. Chipset tersebut sendiri terdiri dari sebuah prosesor octa-core Cortex-A53 dengan kecepatan 1,8 GHz. Sementara untuk memproses grafis, ada GPU Adreno 506.

Dari sisi memori Galaxy M11 hadir dengan kapasitas RAM 3GB dengan memori internal 32GB yang bisa di tambah melalui slim slot memory card eksternal hingga 512GB

Selain ditunjang oleh chipset Qualcomm Snapdragon 450, Galaxy M11 juga ditunjang dengan sistem operasi Android 10 dan interface OneUI yang optimal sehingga tampilan transisi antar menu bisa dilakukan dengan sangat lancar.

Tak hanya itu, Galaxy A11 juga hadir dengan audio berteknologi DolbyAtmos yang tentunya dapat memberikan pengalaman audio yang jernih dan tajam untuk menemani kegiatan bermain game, mendengarkan musik serta menonton film yang menyenangkan, cukup gunakan headset atau sambungkan ke speaker Bluetooth dan rasakan sensasi suara seperti menonton di bioskop.

Perangkat ini sangat cocok buat milenial yang baru saja menggunakan smartphone karena penggunaan standar sehari-hari jelas sangat mencukupi. Kinerjanya responsif dan transisi antar layar juga tampak mulus. Gaming pun masih bisa kok! Call Of Duty Mobile bisa kami mainkan dengan lancar tanpa kendala. Untuk judul-judul yang grafisnya lebih berat seperti Call Of Duty Mobile, Anda harus menurunkan pengaturan ke yang paling rendah jika tidak ingin diganggu lag.

Berikut beberapa hasil pengujian dengan menggunakan beberapa aplikasi benchmark, seperti AnTuTu, Geekbench 5 dan 3DMark:

Kamera

Galaxy A11 dilengkapi dengan rear Triple Camera dengan kamera utama 13MP, Lensa Ultra Wide 5MP, serta lensa Depth 2MP yang memiliki pengaturan Bokeh (Live Bokeh) yang bisa disesuaikan tergantung dengan selera pengguna untuk hasil foto yang menawan serta estetik.

Galaxy M11

Selain itu, Galaxy A11 juga turut dilengkapi dengan kemampuan kamera depan beresolusi 8MP yang dapat digunakan untuk merekam berbagai momen maupun foto selfie.

Galaxy M11

Dilihat secara mendalam interface kamera Galaxy M11 pada menu hanya terdapat pilihan Panorama, Pro, Live Fokus, Photo dan Video.

Berikut beberapa hasil foto yang kami ambil:

Hasil Video Malam

Baterai

Galaxy M11Untuk urusan ketahanan baterai, Galaxy M11 hadir dengan Baterai besar 5.000 mAh yang mampu bertahan lebih dari satu hari. Jadi kegiatan menonton serial favorit atau bermain game tidak akan terganggu. Jika harus mengisi daya kembali, sudah didukung pengisian daya cepat (fast charging) 15W.

Saat kami mencoba penggunaan untuk bersosial media sampai dengan nonton youtube dengan waktu kisaran 2 jam, ponsel ini mampu bertahan hingga 2 hari.

Kesimpulan

Galaxy M11Menurut kami Galaxy M11 memang secara fitur utama sangat lengkap untuk ponsel di segmen menengah kebawah. Buat kami menggunakan perangkat ini untuk seharian penuh bersosial media, sesekali nonton youtube dan main gim sangatlah cocok. Kapasitas baterai besarnya sangatlah membantu kami dalam berkegiatan. Ya! menurut kami perangkat 2 jutaan ini cocok buat anak-anak SMP yang baru menggunakan ponsel atau orangtua yang kebutuhan akan kinerja ponsel tidak perlu-perlu banget. Namun dari sisi pesimis kami smartphone di harga Rp 2 juta ini akan sulit bersaing dengan brand-brand China di segmen yang sama.

Berita Lainnya

Leave a Comment