Home GadgetSmartphone Samsung Galaxy A53 5G vs Xiaomi 12 Lite: Perbandingan Spesifikasi
Xiaomi 12 Lite

Samsung Galaxy A53 5G vs Xiaomi 12 Lite: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – Gara-gara sub-brand Redmi dan POCO, sudah jarang ditemui ponsel terjangkau yang dirilis oleh Xiaomi. Tapi itu masih terjadi setiap tahun dan beberapa hari yang lalu itu terjadi lagi. Kita berbicara tentang peluncuran Xiaomi 12 Lite, mid-ranger baru yang akan segera tersedia di pasar global juga. Mengingat peluncurannya yang akan segera terjadi di pasar Indonesia, kami pikir layak untuk membandingkannya dengan ponsel dari merek terbaik yang tersedia dalam kisaran harga yang sama. Kami memilih Samsung Galaxy A53 5G karena Samsung adalah produsen smartphone paling penting di dunia dalam hal penjualan dan perangkat ini mencapai harga bekas yang bagus di pasar global. Ini dia perbandingan spesifikasi Samsung Galaxy A53 5G dengan Xiaomi 12 Lite.

Baca juga: Xiaomi 12 vs Samsung Galaxy S22: Perbandingan Spesifikasi

Xiaomi 12 Lite

Desain

Manakah dari kedua ponsel ini yang memiliki desain terbaik? Menurut saya, Xiaomi 12 Lite menang. Sayangnya, perangkat ini tidak dibuat dengan bahan premium, tidak seperti ponsel kelas atas. Mereka datang dengan plastik hitam dan bingkai plastik seperti kebanyakan ponsel terjangkau di luar sana. Yang Xiaomi menang karena lebih tipis dan lebih ringan, tetapi juga karena rasio layar terhadap bodinya lebih tinggi. Di sisi lain, Samsung Galaxy A53 5G memiliki build quality yang lebih baik: selain memiliki kaca depan yang dilindungi oleh Corning’s Gorilla Glass 5, tahan air dan tahan debu berkat sertifikasi IP67, memungkinkan kamu untuk meletakkannya di bawah air hingga satu meter. dalam untuk waktu maksimal 30 menit. Xiaomi tidak dilengkapi dengan perlindungan apa pun terhadap air dan debu.

Layar

Di atas kertas, sepertinya Xiaomi 12 Lite memiliki tampilan paling canggih. Ini adalah layar AMOLED yang mampu menampilkan hingga 68 miliar warna dengan diagonal 6,55 inci, resolusi Full HD+ 1080 x 2400 piksel, kecepatan refresh 120 Hz, dukungan Dolby Vision, dan sertifikasi HDR10+. Ini memiliki kecerahan puncak yang sangat tinggi dan pembaca sidik jari dalam layar juga. Meski terlihat inferior, Samsung Galaxy A53 5G tetap hadir dengan layar yang luar biasa: panel 6,5 inci dengan teknologi AMOLED, resolusi Full HD+, perlindungan Gorilla Glass 5 oleh Corning, kecepatan refresh 120 Hz, dan pemindai sidik jari dalam layar. . Kedua ponsel ini dilengkapi dengan speaker stereo untuk pengalaman audio yang baik, tetapi mereka menggunakan sensor jarak virtual yang bukan yang terbaik.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Xiaomi 12 Lite ditenagai oleh platform seluler Snapdragon 778G oleh Qualcomm: chipset yang dibangun pada 5 nm dengan arsitektur octa-core yang terdiri dari dua CPU Cortex A78 yang berjalan pada frekuensi maksimum 2,4 GHz, enam CPU Cortex A55 yang berjalan pada 2 GHz , dan GPU Mali G68. SoC dipasangkan dengan RAM hingga 8 GB dan penyimpanan internal hingga 256 GB yang dapat diperluas lebih lanjut dengan slot micro SD. Meski diproduksi dengan proses produksi yang inferior (6 nm vs 5 nm), chipset Snapdragon 778G sebenarnya lebih unggul dari segi performa CPU dan GPU dibandingkan Samsung Exynos 1280 yang terdapat pada Samsung Galaxy A53 5G. Dan, mengingat konfigurasi memori kelas atas dari A53 persis sama dengan saingannya, perangkat Xiaomi memenangkan perbandingan perangkat keras. Perhatikan bahwa ia bahkan hadir dengan konektivitas yang lebih baik karena mencakup Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5. 2, sedangkan Samsung hadir dengan Wi-Fi 5 dan Bluetooth 5.1. Ponsel ini menjalankan Android 12 di luar kotak, dengan antarmuka pengguna yang sangat disesuaikan di atas: One UI dan MIUI.

Kamera

Pengaturan kamera terbaik milik Samsung Galaxy A53 5G. Di sisi belakang, ia memiliki pengaturan empat kamera termasuk kamera utama 64 MP dengan OIS, sensor ultrawide 12 MP, dan sepasang sensor untuk perhitungan makro dan kedalaman, dengan resolusi 5 MP. Dengan Xiaomi 12 Lite, Anda mendapatkan kamera utama 108 MP tetapi tanpa OIS, sensor ultrawide 8 MP yang lebih rendah, dan lensa makro 2 MP. Kedua handset memiliki kamera depan 32 MP, tetapi pada Samsung Galaxy A53 5G, kamera depan mampu merekam video dengan resolusi 4K.

Baca juga: realme GT2 Pro vs Xiaomi 12 Pro: Perbandingan Spesifikasi

Baterai

Jika Anda mencari daya tahan baterai paling lama, maka Anda harus memilih Samsung Galaxy A53 5G tanpa berpikir dua kali, hanya karena memiliki baterai yang lebih besar, dengan kapasitas 5000 mAh. Xiaomi 12 Lite memiliki baterai yang lebih kecil dengan kapasitas 4300 mAh, tetapi pengisian dayanya lebih cepat berkat pengisian cepat 67W.

Harga

Harga awal Xiaomi 12 Lite di pasar global adalah Rp 4,4 jutaan untuk varian dasar dengan RAM 6GB dan penyimpanan 128GB, sedangkan Samsung Galaxy A53 5G saat ini dapat dibeli dengan harga kurang dari Rp 4,8 jutaan berkat harga bekas. Mana yang akan kamu pilih?

Berita Lainnya

Leave a Comment