Home GadgetSmartphone Samsung Galaxy M52 5G vs Galaxy M51: Perbandingan Spesifikasi
Samsung Galaxy M52

Samsung Galaxy M52 5G vs Galaxy M51: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – Beberapa minggu yang lalu, Samsung merilis ponsel kelas menengah atas terbarunya, Galaxy M52 5G. Perangkat ini adalah penerus Samsung Galaxy M51 dan membawa beberapa perbaikan, tetapi pendahulunya masih banyak dibicara meskipun setahun setelah dirilis. Meskipun harga bekasnya sangat terjangkau, Samsung Galaxy M51 tetap menjadi salah satu ponsel baterai terbaik di luar sana dan menawarkan pengalaman kamera yang lebih baik daripada Galaxy M52 5G yang baru. Inilah alasan mengapa Galaxy M51 mungkin masih menawarkan nilai yang lebih tinggi kepada beberapa pengguna. Dan inilah alasan mengapa kami memutuskan untuk mempublikasikan perbandingan antara Samsung Galaxy M52 5G dan Samsung Galaxy M51 yang menyoroti perbedaan spesifikasi mereka.

Samsung Galaxy M52

Desain

Jika kita hanya memperhatikan tampilan kedua perangkat ini, Samsung Galaxy M52 5G terlihat lebih cantik. Modul kameranya lebih minimalis, desainnya lebih tipis dan ringan. Kedua ponsel terbuat dari polikarbonat dan keduanya dilengkapi dengan punch-hole tunggal yang ditempatkan di tengah layar. Rasio layar terhadap bodi serupa, dengan bezel sempit di semua sisi. Samsung Galaxy M51 menawarkan sesuatu yang lebih dalam hal kualitas build karena kaca depannya dilindungi oleh Corning’s Gorilla Glass 3+, tetapi jika kami mengecualikan ini, tidak ada perbedaan penting dalam hal kualitas build.

Layar

Samsung Galaxy M52 5G dan Samsung Galaxy M51 dilengkapi dengan layar Super AMOLED Plus dengan diagonal 6,7 inci dan resolusi Full HD+ 1080 x 2400 piksel. Kualitas gambarnya persis sama dan layarnya tidak dilengkapi dengan pembaca sidik jari yang tertanam. Pembaca sidik jari ditempatkan di samping, pada tombol daya. Satu-satunya perbedaan layar adalah kecepatan refresh: Samsung Galaxy M52 5G baru memiliki kecepatan refresh 120 Hz, sedangkan Galaxy M51 memiliki kecepatan refresh standar 60 Hz. Jadi, dengan Galaxy M52 5G, Anda bisa mendapatkan pengalaman menonton yang lebih lancar dan akan berguna terutama jika Anda seorang gamer.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Konektivitas 5G adalah salah satu perbedaan terpenting antara Samsung Galaxy M52 5G dan Galaxy M51. Perangkat pertama Anda bisa mendapatkan konektivitas ini, sedangkan yang terakhir hanya mendukung 4G LTE. Lebih lanjut, Galaxy M52 5G memiliki prosesor yang lebih kuat: platform seluler Snapdragon 778G yang berjalan pada frekuensi maksimal 2,4 GHz, jauh lebih baik daripada Snapdragon 730G yang ditemukan di Galaxy M51. Konfigurasi memorinya sama: Anda dapat memilih RAM 6GB dan penyimpanan internal 128GB atau RAM 8GB dan penyimpanan 128GB. Penyimpanan internal dapat diperluas melalui slot micro SD. Perhatikan bahwa Samsung Galaxy M52 5G sudah menggunakan OS Android 11, sementara Galaxy M51 menjalankan Android 10: dengan model yang lebih baru, Anda akan mendapatkan dukungan perangkat lunak yang lebih lama.

Kamera

Galaxy M52 5G memiliki kamera utama yang sama dengan Galaxy M51, sensor 64 MP dengan aperture fokus f/1.8. Pada kedua ponsel, kamera utama dipasangkan dengan lensa ultrawide 12 MP dan kamera makro 5 MP, tetapi Galaxy M51 menambahkan sensor kedalaman 5 MP yang membuat pengaturan kameranya lebih fleksibel. Selanjutnya, Samsung Galaxy M51 memiliki kamera depan yang lebih baik: kita berbicara tentang sensor 32 MP dengan aperture fokus f/2.0 dan perekaman video 4K.

Baterai

Selain memberikan pengaturan kamera yang lebih baik, Samsung Galaxy M51 juga dilengkapi dengan baterai yang lebih besar dan dapat mencapai masa pakai baterai yang lebih lama. Dengan kapasitas 7000 mAh, Galaxy M51 adalah salah satu ponsel dengan baterai terbaik di pasaran dan juga dapat digunakan sebagai bank daya berkat pengisian daya terbalik.

Harga

Samsung Galaxy M52 5G memulai debutnya di pasar dengan banderol harga mulai Rp 5,7 jutaan, sedangkan Galaxy M51 dibanderol dengan harga Rp 4,8 jutaan pertama keluar dan harga bekasnya beragam. Jika kita mengecualikan baterai, Samsung Galaxy M52 5G adalah ponsel yang jauh lebih baik, tetapi lebih mahal. Mana yang akan Anda pilih?

Berita Lainnya

Leave a Comment