Home GadgetSmartphone Samsung Galaxy S21 FE vs realme GT2 Pro: Perbandingan Spesifikasi
Samsung Galaxy S21 FE

Samsung Galaxy S21 FE vs realme GT2 Pro: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – Setelah banyak penundaan, Samsung Galaxy S21 FE 5G akhirnya resmi dan dijual di seluruh dunia. Tidak ada penundaan dalam peluncuran realme GT2 Pro, tetapi saat ini hanya tersedia di China dengan peluncuran global yang akan segera dilakukan. Sambil menunggu peluncuran global realme GT2 Pro, kami pikir inilah saatnya untuk membandingkannya dengan Samsung Galaxy S21 FE 5G untuk memahami mana yang merupakan flagship terjangkau terbaik yang dirilis tahun ini jika kami menyingkirkan perangkat Xiaomi terbaru. Di sini kami akan memberi tahu Anda pro dan kontra dari Samsung Galaxy S21 FE 5G dan realme GT2 Pro.

Baca juga: Xiaomi 12 vs Xiaomi 12 Pro: Perbandingan Spesifikasi

Samsung Galaxy S21 FE

Desain

Perangkat mana yang memiliki desain terbaik? Selera pribadi memainkan peran penting saat mencoba menjawab pertanyaan ini. Kami pribadi lebih suka opsi warna Paper Green dan Paper White dari realme GT2 Pro karena penutup belakangnya dibuat dengan polimer berbasis bio khusus yang menyerupai sentuhan & nuansa kertas. Ini adalah bahan yang unik dan lebih berkelanjutan jika dibandingkan dengan plastik dll. Tetapi Anda bisa mendapatkan nilai tambah yang luar biasa dengan memilih Samsung Galaxy S21 FE 5G, terbuat dari plastik sehingga terlihat kurang mengesankan tetapi merupakan ponsel yang lebih ringkas dan memiliki fitur Sertifikasi IP68 karena tahan debu dan tahan air.

Layar

realme GT 2 Pro menampilkan tampilan paling canggih, pasti tidak ada keraguan tentang ini. Ini memiliki panel AMOLED dengan satu miliar warna dan teknologi LTPO 2.0 memungkinkan kecepatan refresh adaptif dari 1 hingga 120 Hz dan menyediakan konsumsi energi yang sangat rendah. Panel ini memiliki resolusi Quad HD+ 1440 x 3216 piksel, sertifikasi HDR10+, dan diagonal 6,7 inci. Samsung Galaxy S21 FE 5G memiliki diagonal 6,4 inci yang lebih kecil dan spesifikasi yang kurang mengesankan: ini adalah layar AMOLED dengan resolusi Full HD+, HDR10+, dan kecepatan refresh maksimum 120 Hz (non-adaptif), serta hanya 16 juta warna. Kedua ponsel memiliki sensor sidik jari dalam layar.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

realme GT 2 Neo adalah pemenang bahkan dalam hal kinerja. Ini didorong oleh platform seluler Snapdragon 8 Gen 1 yang dibangun pada 4 nm dengan frekuensi maksimum 3 GHz. Chip tersebut dipasangkan dengan RAM hingga 12GB dan penyimpanan internal UFS 3.1 hingga 512GB. Sementara realme GT2 Pro hadir dengan SoC unggulan 2022 oleh Qualcomm, Samsung Galaxy S21 FE 5G masih ditenagai oleh Snapdragon 888 andalan 2021, dan di beberapa pasar, ia memiliki Exynos 2100 yang lebih lemah. Jumlah maksimum RAM adalah 8GB, sedangkan penyimpanan internal naik hingga 256GB. realme GT2 Pro dan Samsung Galaxy S21 FE 5G menjalankan Android 12 dengan antarmuka pengguna yang sangat disesuaikan.

Kamera

Kamera utama realme GT2 Pro 50 MP (sensor Sony IMX766 dengan OIS) sebenarnya lebih unggul dari kamera utama 12 MP yang terdapat pada Samsung Galaxy S21 FE 5G, begitu pula untuk lensa ultrawide 50 MP (S21 memiliki kamera ultrawide 12 MP). Flagship Samsung hanya unggul dalam hal kemampuan zoom, berkat kamera telefoto 8 MP dengan 3x optical zoom dan OIS. Sayangnya, perangkat realme tidak memiliki kamera telefoto, digantikan oleh sensor mikroskop 3 MP.

Baca juga: Samsung Galaxy S21 FE vs Xiaomi 12: Perbandingan Spesifikasi

Baterai

realme GT2 Pro dilengkapi dengan baterai yang lebih besar dari Samsung Galaxy S21 FE 5G, dengan kapasitas 5000 mAh, kemungkinan besar akan memberikan daya tahan baterai yang lebih lama dalam beberapa skenario. Ia bahkan memiliki teknologi pengisian daya yang lebih cepat dengan daya 65W, tetapi tidak memiliki pengisian nirkabel, tidak seperti saingannya.

Harga

realme GT2 Pro mulai dari  Rp 10,5 jutaan di pasar Cina dan kami masih belum tahu berapa biayanya secara global. Samsung Galaxy S21 FE 5G berharga mulai Rp 8 jutaan di pasar global (harga bervariasi tergantung wilayah). Sementara S21 FE menambahkan pengisian nirkabel dan bodi tahan air, realme GT 2 Pro memenangkan perbandingan ini karena spesifikasi lainnya sebenarnya lebih unggul: memiliki perangkat keras yang lebih baik, tampilan yang lebih baik, kamera yang lebih menarik, dan bahkan baterai yang lebih besar dengan pengisian yang lebih cepat.

 

Berita Lainnya

Leave a Comment