Home GadgetSmartphone Xiaomi 12 vs Xiaomi Mi 11: Perbandingan Spesifikasi
Xiaomi 12

Xiaomi 12 vs Xiaomi Mi 11: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – Versi standart terbaru dari seri flagship Xiaomi tidak hanya menjadi flagship sejati tetapi juga flagship yang ringkas. Dengan layar kecil 6,28 inci, ia memiliki dimensi yang mirip dengan iPhone 13 sambil memberikan spesifikasi yang luar biasa. Bahkan datang dengan penawaran harga yang bagus, tetapi apakah itu menawarkan nilai uang yang lebih tinggi daripada pendahulunya Xiaomi Mi 11? Mi 11 yang lebih tua saat ini tersedia dengan harga bekas, itulah alasan mengapa itu masih merupakan pilihan yang bagus pada tahun 2022. Ini adalah perbandingan antara spesifikasi Xiaomi 12 dan Xiaomi Mi 11 yang akan membantu Anda memilih yang terbaik telepon untuk kebutuhan Anda.

Baca juga: Redmi Note 11T vs Redmi Note 10T: Perbandingan Spesifikasi

Xiaomi 12

Desain

Seperti yang telah disebutkan, Xiaomi 12 adalah salah satu ponsel andalan paling ringkas di pasaran. Namun jika kita mengecualikan dimensi, Xiaomi Mi 11 jauh lebih menarik dari segi desain karena hadir dengan layar melengkung dan rasio layar terhadap bodi yang sangat tinggi. Ini adalah desain favorit kami dari perbandingan ini karena layarnya yang melengkung dan dibuat dengan bahan premium seperti penerusnya, kaca belakang dan bingkai aluminium. Bahkan datang dalam versi kulit khusus, tetapi eksklusif untuk pasar Cina dan Anda tidak dapat menemukannya di mana-mana. Di sisi lain, Xiaomi 12 lebih kompak dan menawarkan perlindungan Gorilla Glass Victus yang lebih kuat.

Layar

Meskipun merupakan ponsel generasi lama, Xiaomi Mi 11 memiliki tampilan yang lebih baik. Pertama-tama, ia hadir dengan diagonal yang lebih lebar: 6,81 inci, bagus untuk para gamer dan power user. Selanjutnya, ia memiliki resolusi Quad HD+ yang lebih tinggi dengan 1440 x 3200 piksel, sedangkan Xiaomi 12 memiliki resolusi Full HD+ klasik. Selebihnya, tampilan ini tidak jauh berbeda: keduanya panel OLED dengan satu miliar warna, kecepatan refresh 120 Hz, dan sertifikasi HDR10+, serta kecerahan yang sangat tinggi (lebih tinggi pada Mi 11 dengan puncak 1500 nits) dan pemindai sidik jari dalam layar. Keduanya memiliki layar yang bagus, tetapi Mi 11 lebih unggul.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Platform mobile Xiaomi 12 bahkan belum ada ketika Xiaomi Mi 11 dirilis untuk pertama kalinya. Kita berbicara tentang chipset Snapdragon 8 Gen 1 baru, SoC terbaik oleh Qualcomm yang dibangun pada 4 nm dan berjalan pada frekuensi maksimal 3 GHz. Ini adalah peningkatan yang nyata jika dibandingkan dengan Snapdragon 888 yang ditemukan pada Xiaomi Mi 11. Tidak ada peningkatan dalam hal konfigurasi memori: keduanya memiliki RAM hingga 12GB dan penyimpanan internal hingga 256GB. Perhatikan bahwa Xiaomi 12 dikirimkan dengan Android 12 yang disesuaikan dengan MIUI 13, sementara Xiaomi Mi 11 menjalankan Android 11 dan MIUI 12.5: yang pertama akan mendapatkan dukungan perangkat lunak yang lebih lama.

Kamera

Kamera Xiaomi 12 sedikit lebih canggih daripada yang ditemukan pada Xiaomi Mi 11 karena sensor utamanya yang lebih baik: kamera 50 MP dengan OIS. Sensor sekundernya sama: kamera ultrawide 13 MP dan kamera makro telefoto 5 MP, tetapi Xiaomi 12 memiliki kamera selfie 32 MP yang lebih baik yang mendukung perekaman video 1080p pada 60 fps.

Baca juga: Redmi Note 11 vs realme 8 5G vs Galaxy M32 5G: Perbandingan Spesifikasi

Baterai

Baterai Xiaomi Mi 11 sedikit lebih besar: kapasitasnya 4600 mAh, sedangkan 12 berhenti pada 4500 mAh. Tetapi ini tidak berarti akan memberikan masa pakai baterai yang lebih lama: Xiaomi 12 memiliki prosesor yang lebih efisien karena dibangun pada 4 nm, serta layar yang lebih kecil dengan resolusi yang lebih rendah. Itulah mengapa kemungkinan besar akan bertahan lebih lama dengan sekali pengisian daya. Dengan Xiaomi 12, Anda bahkan mendapatkan kecepatan pengisian cepat berkat pengisian cepat 67W.

Harga

Xiaomi Mi 11 saat ini tersedia dengan harga sekitar Rp 8 jutaan di China, sementara Xiaomi 12 mulai dari Rp 8,2 jutaan. Sementara yang pertama menawarkan layar yang lebih baik, yang terakhir memiliki kamera yang lebih baik, pengisian daya yang lebih cepat, dan departemen perangkat keras yang unggul, tetapi ini adalah ponsel yang ringkas. Jadi Xiaomi 12 memenangkan perbandingan, tetapi hanya untuk mereka yang suka memiliki ponsel kompak.

Berita Lainnya

Leave a Comment