Home GadgetSmartphone Xiaomi 12T Pro vs Xiaomi 12 Pro: Perbandingan Spesifikasi
Xiaomi 12T Pro

Xiaomi 12T Pro vs Xiaomi 12 Pro: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – Keunggulan Xiaomi di pasar global cukup jelas karena banyak mengeluarkan ponsel dengan spesifikasi mumpuni namun harga terjangkau. Seperti pada Xiaomi 12T Pro, varian baru dari jajaran Xiaomi 12 yang berfokus pada rasio harga dan kualitas. Awal tahun ini, raksasa Cina merilis Xiaomi 12 Pro dan banyak orang berpikir bahwa perangkat baru sebenarnya merupakan peningkatan dari yang lama, tetapi tidak demikian. Xiaomi 12T Pro memiliki beberapa spesifikasi yang lebih baik, tetapi juga dilengkapi dengan beberapa penurunan dibandingkan pendahulunya. Itulah alasan mengapa banyak orang yang bingung dengan kedua perangkat ini. Ini adalah perbandingan antara spesifikasi utama Xiaomi 12 Pro dan Xiaomi 12T Pro yang diharapkan akan memperjelas kamu dalam hal ini dan membuat Anda memahami ponsel mana yang terbaik untuk kebutuhan kamu yang sebenarnya.

Baca juga: iPhone 14 Pro Max vs iPhone 13 Pro Max: Perbandingan Spesifikasi

Xiaomi 12T Pro

Desain

Meskipun merupakan perangkat yang lebih tua, desain Xiaomi 12 Pro terlihat jauh lebih menarik daripada yang ada di Xiaomi 12T Pro. Sepenuhnya dibangun dengan bahan premium termasuk kaca untuk bagian belakang yang dilindungi oleh Gorilla Glass Victus dan aluminium untuk bingkai. Selanjutnya, ia memiliki rasio layar terhadap bodi yang lebih tinggi karena layar menutupi hampir 90 persen panel depan, sedangkan Xiaomi 12T Pro memiliki bezel yang lebih tebal. Di sisi lain, flagship terbaru memiliki sertifikasi IP53 yang membuatnya tahan debu dan tahan percikan.

Layar

layar Xiaomi 12 Pro sebenarnya lebih baik daripada yang ditemukan pada adiknya. Ini adalah panel AMOLED yang mampu menampilkan hingga satu miliar warna dengan diagonal lebih lebar 6,73 inci dan resolusi Quad HD+ 1440 x 3200 piksel. Ini mendukung teknologi LTPO yang memungkinkan kecepatan refresh adaptif dari 1 hingga 120 Hz, memiliki sertifikasi HDR10+, dukungan Dolby Vision, dan kecerahan puncak 1.500 nits, serta pemindai sidik jari dalam layar. Xiaomi 12T Pro memiliki layar yang lebih rendah, tetapi tetap menjadi panel yang sangat menarik karena ini adalah tampilan pertama dengan resolusi 1,5K 1220 x 2712 piksel. Kami berbicara tentang panel AMOLED dengan diagonal 6,67 inci, 68 miliar warna, kecepatan refresh 120 Hz, sertifikasi HDR10+, dukungan Dolby Vision, kecerahan puncak 900 nits, dan pembaca sidik jari dalam layar.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Pengaturan perangkat keras Xiaomi 12T Pro memenangkan perbandingan karena hadirnya chipset yang lebih kuat. Snapdragon 8 Plus Gen 1 yang terdapat pada perangkat ini sebenarnya merupakan upgrade dari Snapdragon 8 Gen 1 yang terdapat pada Xiaomi 12 Pro. Ini adalah chipset yang dibangun dengan proses produksi 4 nm dan menggunakan arsitektur octa-core yang terdiri dari CPU Cortex X2 yang berjalan pada frekuensi maksimal 3,19 GHz, tiga CPU Cortex A710 berjalan pada 2,75 GHz, empat Cortex A510 berjalan pada 2 GHz, dan GPU Adreno 730. Sebaliknya, Snapdragon 8 Gen 1 memiliki frekuensi inti yang lebih rendah. Dalam kedua kasus, chipset dipasangkan dengan RAM hingga 12GB dan penyimpanan internal UFS 3.1 hingga 256GB. Handset ini dirilis dalam periode yang berbeda, tetapi keduanya menjalankan Android 12, dibekali dengan MIUI 13.

Kamera

Jika kita berbicara tentang kamera utama, maka Xiaomi 12T Pro menjadi ponsel unggulan berkat hadirnya kamera 200 MP pertama di dunia untuk perangkat seluler. Tapi sensor sekundernya hanya kelas menengah: kamera ultrawide 8 MP dan penembak makro 2 MP. Xiaomi 12 Pro memiliki sensor sekunder kelas unggulan: lensa telefoto dengan resolusi 50 MP dan zoom optik 2x, dan sensor 50 MP lainnya untuk bidikan ultrawide. 12 Pro juga dilengkapi kamera depan yang lebih baik dengan resolusi 32 MP.

Baca juga: Infinix Zero 20 vs Infinix Zero Ultra: Perbandingan Spesifikasi

Baterai

Jika tujuan kamu adalah untuk mendapatkan masa pakai baterai terpanjang dengan sekali pengisian daya, maka Anda harus menggunakan Xiaomi 12T Pro. Ini olahraga baterai 5000 mAh yang lebih besar dan, mengingat bahwa komponen lainnya tidak begitu berbeda, pasti akan memberikan masa pakai baterai yang lebih lama. Di sisi lain, Xiaomi 12 Pro adalah satu-satunya yang menampilkan pengisian nirkabel, serta pengisian nirkabel terbalik.

Harga

Xiaomi 12 Pro menghantam pasar global dengan harga listing yang sangat tinggi sekitar Rp 17 jutaan. Xiaomi 12T Pro jauh lebih terjangkau karena dijual dengan label harga mulai Rp 13 jutaan. Jadi 12T Pro memiliki nilai uang yang lebih tinggi, tetapi secara keseluruhan, Xiaomi 12 Pro adalah ponsel yang lebih baik. Ini menampilkan layar yang superior, departemen kamera yang lebih baik, dan pengisian nirkabel.

Berita Lainnya

Leave a Comment