Home GadgetSmartphone Yang Harus Anda Ketahui Tentang WiFi 6 (IEEE 802.11 AX)
WiFi 6 (IEEE 802.11 AX)

Yang Harus Anda Ketahui Tentang WiFi 6 (IEEE 802.11 AX)

by Trendtech Indonesia

Trendtech , Jakarta – Mungkin sebagian dari kalian sudah mengetahui tentang keberadaan teknologi  WiFi 6 di beberapa bulan terakhir ini.  WiFi 6 (IEEE 802.11 AX) adalah standar nirkabel baru sama seperti 5G yang merupakan  standar jaringan baru.

Artikel ini akan mencoba menjelaskan semua yang perlu Anda ketahui tentang nirkabel WiFi 6 ini dengan cara sesederhana mungkin.

Apa itu WiFi 6?

WiFi 6 adalah teknologi nirkabel terbaru yang membawa peningkatan signifikan pada standar nirkabel. Diciptakan sebagai solusi untuk kebutuhan untuk meningkat konektivitas data dan kebutuhan bandwidth karena saat ini lebih banyak perangkat yang perlu dihubungkan ke internet.

Baca juga : 6 Smartphone Terbaik di Maret 2020

Seberapa cepat WiFi 6?

WiFi 6 jauh lebih cepat daripada WiFi 5. Kecepatannya dapat mencapai 9,6Gbps dibandingkan dengan WiFi 5 yang hanya 3,5 Gbps. Kecepatan ini adalah maksimum yang bisa dicapai, tetapi Anda kemungkinan besar tidak akan pernah mencapai kecepatan itu dalam penggunaan di dunia nyata.

Apa perbedaan WiFi 6 (802.11 AX) dari WiFi 5 (802.11 AC)?

Kecepatan bukan satu-satunya perbedaan antara WiFi 6 dan WiFi 5. Kekuatan terbesarnya adalah kapasitasnya untuk mendukung lebih banyak perangkat sambil menjaga kecepatan tetap tinggi. WiFi 6 mendukung 4x bandwidth daripada WiFi 5, jadi semua perangkat tambahan yang sekarang terhubung ke jaringan Anda tidak memperlambat kecepatan jaringan Anda.

Satu cara yang cukup mudah dijelaskan manfaat WiFi 6 adalah dengan mengibaratkan sebuah truk dan jalan raya. Bayangkan WiFi 5 sebagai jalan dengan satu jalur untuk kendaraan yang menuju satu arah dan jalur lain untuk kendaraan yang mengarah ke arah lain. Untuk WiFi 6, Anda memiliki lebih banyak jalur untuk setiap arah. Ini berarti bahkan dengan lebih banyak mobil di jalan (baca lebih banyak perangkat di jaringan), fakta bahwa ada lebih banyak jalur, berarti kecepatan tidak berkurang.

WiFi 6 dapat mencapai ini berkat dua teknologi baru MU-MIMO (Multi-User, Multiple-Input and Multiple-Output) dan OFDMA (Orthogonal Frequency Division Multiple Access).

MU-MIMO (8 x 8) dijelaskan dengan menggunakan truk pengiriman. MU-MIMO pada WiFi 5 memungkinkan router untuk terhubung ke 4 perangkat sekaligus (bahkan jika ada lebih banyak) tetapi dengan WiFi 6, jumlah perangkat meningkat menjadi 8. Jadi seperti memiliki lebih banyak truk yang akan mengirimkan barang ke pelanggan Anda.

WiFi 6 (IEEE 802.11

OFDMA bahkan membawanya lebih jauh. Membawa kembali analogi truk, OFDMA memungkinkan truk untuk mengangkut barang (paket data) ke beberapa lokasi (perangkat) secara bersamaan. Gambar di bawah ini akan membantu Anda memahami lebih baik.

WiFi 6 (IEEE 802.11Sumber gambar: TP-Link

Baca juga : Apa Perbedaan OPPO Find X2 dan Find X2 Pro?

Keuntungan WiFi 6

Sementara membahas perbedaan antara WiFi 6 dan WiFi 5, kami juga akan menjelaskan beberapa keunggulannya seperti kecepatan, dukungan untuk lebih banyak perangkat tanpa mengorbankan kecepatan, serta efisiensi tetapi ada lebih banyak.

  • Keamanan: WiFi 6 membawa protokol keamanan baru yang disebut WPA3 (WiFi Protected Access versi 3) yang menggantikan WPA2. WPA3 mengenkripsi koneksi antara perangkat Anda dan titik akses yang terhubung. Ini juga melindungi terhadap serangan brute-force bahkan jika kata sandi WiFi Anda lemah. WPA3 bukan hal baru karena beberapa perangkat non-WiFi 6 saat ini dan router mendukungnya tetapi dengan WiFi 6, sekarang menjadi persyaratan.
  • Lebih banyak data dengan 1024-QAM: koneksi WiFi 6 mampu membawa lebih banyak data berkat 1024-QAM yang artinya 25% lebih cepat dari WiFi 5 yang hanya 256-QAM.
  • Tidak ada lagi konflik WiFi berkat BSS Color: Anda tahu kita sering mengalami gangguan koneksi dari jaringan disekitar, dengan WiFi 6 memecahkan dengan apa yang disebut BSS Color (Sase Service Station). Apa yang dilakukannya adalah menandai jaringan lain dan menyebabkan router mengabaikannya.WiFi 6 (IEEE 802.11
    Sumber gambar: TP-Link
  • Peningkatan masa pakai baterai: Dengan WiFi 6, konsumsi baterai berkurang berkat fitur yang disebut ‘Target Wake Time’. Apa yang dilakukan adalah membuat jadwal saat perangkat melakukan check-in dengan router. Dengan begitu, perangkat tidak harus selalu terbangun jika tidak perlu.

Bagaimana cara saya mendapatkan WiFi 6?

Untuk mendapatkan WiFi 6, Anda perlu mendapatkan perangkat yang bersertifikat WiFi 6. Perangkat yang disertifikasi akan memiliki logo di bawah ini.

WiFi 6 (IEEE 802.11

Penting bagi Anda untuk mengetahui bahwa Anda memerlukan perangkat WiFi 6 dan router WiFi 6 untuk menikmati manfaat yang dibawa oleh WiFi 6. Ini adalah cara yang sama seseorang harus membeli sepasang smartphone yang terhubung melalui Bluetooth 5.0 dan memiliki smartphone lain yang juga memiliki Bluetooth 5.0 agar Anda dapat menikmati manfaat Bluetooth 5.0.

Baca juga : Bedah Detail Kamera Galaxy S20 Series

Smartphone berikut ini mendukung WiFi 6:

  • seri iPhone 11
  • Samsung Galaxy 10 series
  • Samsung Galaxy S20 series
  • Samsung Galaxy Note10 series
  • Xiaomi Mi 10 series
  • ZTE Axon 10s Pro
  • Black Shark 3 series

Penting agar Anda ingat bahwa Anda juga perlu mendapatkan router WiFi 6 seperti Mi AIoT Router milik Xiaomi .

Semakin banyak perangkat yang diluncurkan, WiFi 6 seharusnya menjadi lebih populer tetapi jangan berharap semua smartphone akan datang dengan standar nirkabel baru ini.

Berita Lainnya

Leave a Comment