Trendtech, Jakarta – Sudah lumrah, bahwa setiap bulan Ramadhan dan hari Raya Lebaran operator telekomunikasi selalu mengalami kenaikan traffic data. Tidak terkecuali PT. Smartfren Telecom, Tbk, namun khusus untuk tahun 2019 Smartfren mencatat adanya kenaikan trafik komunikasi khususnya melalui layanan streaming dan aplikasi sosial media.
“Seperti yang sudah kami prediksi, dibulan Ramadhan dan juga hari raya lebaran tahun 2019 akan terjadi kenaikan lalu lintas data, dan memang benar terjadi kenaikan khususnya di layanan streaming video, kemudian yang kedua adalah para pengguna sosial media. Namun kami bersyukur bahwa sepanjang Ramadhan hingga selesainya hari raya Lebaran 2019, Smartfren sukses melayani dan memberikan kelancaran komunikasi bagi setiap pelanggannya.” Ujar Sharizan Zaki Pondren, Head of Customer Experience and Analytic Smartfren.
Selain itu berdasarkan data yang dimiliki, mobilitas pelanggan Smartfren selama mudik dan hari raya Lebaran paling banyak terjadi di Semarang, Medan, Makassar, dan Palembang. Adapun terdapat fenomena baru di tahun 2019 ini, yaitu terjadi juga peningkatan arus komunikasi dan data di sepanjang jalan tol trans jawa, namun hal ini telah diantisipasi oleh Smartfren dengan menurunkan 180 mobile bts dan 76 kontainer di sepanjang jalur tersebut. Selain itu, Smartfren juga melakukan monitoring 24 jam X 7 hari dari NOC di seluruh jalur mudik, lokasi publik dan kota tujuan.
Sepanjang Ramadhan Smartfren juga menghadirkan menghadirkan beragam pilihan paket kuota internet mulai dari unlimited hingga kuota super besar. Mulai dari paket Worry free “Super 4G Unlimited” hingga pilihan kuota super besar dari paket “Super 4G Kuota” Smartfren, juga menghadirkan beragam layanan digital mulai dari layanan super 4G video bagi para movie lovers, Super 4G Music bagi para penikmat lagu, hingga Super 4G Games, bagi para gamers.