Home GadgetSmartphone POCO F3 vs POCO X3 Pro: Perbandingan Spesifikasi
POCO X3 Pro

POCO F3 vs POCO X3 Pro: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, JakartaPOCO baru saja meluncurkan dua flagship killer yang bisa jadi akan memecahkan rekor di pasar global. POCO F3 dan POCO X3 Pro merupakan perangkat generasi terakhir yang paling terjangkau dengan kelebihan memiliki perangkat keras kelas unggulan. Mereka yang mencari kinerja maksimum dengan biaya minimum akan menyukai kedua handset ini karena prosesornya yang luar biasa. Tetapi apakah layak mengeluarkan lebih banyak uang untuk mendapatkan POCO F3 atau POCO X3 Pro untuk kebutuhan Anda yang sebenarnya? Mari kita coba temukan bersama melalui perbandingan antara spesifikasinya ini.

Baca juga: Xiaomi Mi 11 vs OPPO Find X2: Perbandingan Spesifikasi

POCO X3 ProDesain

POCO X3 memberikan desain terbaik karena dibuat dengan lebih banyak menggunakan material premium. Bagian belakangnya terbuat dari kaca dengan pelindung Gorilla Glass 5, sedangkan rangkanya terbuat dari aluminium. Terlebih lagi, ponsel ini lebih tipis dengan ketebalan hanya 7,8 mm dan bahkan lebih ringan karena beratnya hanya 196 gram. Last but not least, desain modul kamera pasti lebih elegan. POCO X3 Pro memiliki bodi plastik, lebih tebal dan lebih berat dari rivalnya. Tetapi Anda harus mempertimbangkan bahwa POCO X3 Pro memiliki sertifikasi IP53 yang melindungi ponsel dari debu dan percikan.

Layar

POCO F3 lebih unggul bahkan dalam hal tampilan, dengan perbedaan besar dalam hal kualitas gambar. POCO F3 memiliki panel AMOLED yang memberikan warna lebih cemerlang dan hitam lebih pekat; Selain itu, memiliki kecerahan puncak 1300 nits yang lebih tinggi dan sertifikasi HDR10 +. POCO X3 Pro memiliki panel IPS kelas menengah dengan warna yang kurang mengesankan dan kecerahan yang lebih rendah. Meskipun memiliki layar AMOLED, POCO F3 memiliki pemindai sidik jari yang dipasang di samping, seperti POCO X3 Pro.

Spesifikasi & Software

POCO X3 Pro memiliki perangkat keras kelas atas, tetapi POCO F3 sekali lagi lebih baik berkat prosesor yang lebih bertenaga. Kita berbicara tentang Snapdragon 870 yang berada di tengah-tengah antara Snapdragon 865+ dan Snapdragon 888, memberikan kinerja tingkat atas. POCO X3 Pro memiliki chipset Snapdragon 860 yang pada dasarnya merupakan perubahan dari Snapdragon 855+. Sementara POCO F3 mendukung konektivitas 5G, X3 Pro tidak. Konfigurasi memori sama dengan RAM hingga 8GB dan 256GB penyimpanan asli UFS 3.1. Perhatikan bahwa POCO X3 Pro memiliki penyimpanan yang dapat ditambah, sedangkan POCO F3 tidak memiliki slot micro SD.

Kamera

Kamera adalah titik terlemah dari handset ini. Berbeda dengan departemen perangkat keras, kamera ini jauh dari sensor kelas atas. Anda mendapatkan pengaturan kamera kelas menengah ke bawah untuk kedua ponsel. Yang pertama memiliki kamera makro yang lebih baik tetapi tidak memiliki sensor kedalaman, sedangkan yang kedua memiliki sensor kedalaman tetapi kamera makro lebih rendah. Sensor utama dan kamera ultrawide sama. Kedua ponsel ini memiliki kamera selfie 20 MP, tetapi dengan aperture fokus yang berbeda: F3 memiliki aperture fokus yang lebih cerah, itulah mengapa ponsel ini harus bisa melakukan selfie yang lebih baik.

Baca juga: Xiaomi Mi 11 vs Xiaomi Mi 10T Pro: Perbandingan Spesifikasi

Baterai

POCO X3 Pro memiliki baterai yang lebih besar dari POCO F3 dan, mengingat tidak mendukung 5G, ini akan memberikan masa pakai baterai yang lebih lama dalam banyak skenario. POCO F3 memiliki tampilan yang lebih efisien, tetapi tampaknya tidak cukup untuk menutupi celah antara kedua baterai. Meskipun demikian, POCO F3 masih dapat digunakan untuk satu hari. Kedua ponsel mendukung pengisian cepat 33W dan tidak memiliki pengisian nirkabel.

Harga

POCO F3 memiliki harga mulai Rp 6 jutaan, sedangkan POCO X3 Pro mulai dari Rp 4 jutaan. Meskipun X3 Pro mengemas baterai yang lebih besar, POCO F3 adalah ponsel yang jauh lebih baik karena layar AMOLED yang lebih baik, desain premium, chipset yang lebih baik, konektivitas 5G, dan kamera yang sedikit lebih baik. Namun, pertimbangkan bahwa POCO X3 Pro adalah andalan generasi terakhir yang paling terjangkau dan memungkinkan Anda menghemat banyak uang sambil tetap memberikan pengalaman pengguna yang luar biasa.

 

Berita Lainnya

Leave a Comment