Home GadgetSmartphone Xiaomi Mi 11 vs OPPO Find X2: Perbandingan Spesifikasi

Xiaomi Mi 11 vs OPPO Find X2: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, JakartaXiaomi Mi 11 diluncurkan dengan spesifikasi luar biasa, tetapi masih memiliki penawaran harga yang sangat menarik. Namun perangkat ini belum tentu menjadi perangkat papan atas terbaik tahun ini, tetapi banyak orang akan dapat menghemat uang sambil mendapatkan salah satu ponsel terbaik di pasaran. Pada saat yang sama, banyak orang bertanya-tanya apakah mereka harus menggunakan Xiaomi Mi 11 atau untuk flagship papan atas dari generasi sebelumnya. Ada OPPO Find X2 perangkat yang dijual dengan spesifikasi harga dan penawaran yang luar biasa. Sambil menunggu peluncuran global Xiaomi Mi 11.

Baca juga: Vivo X50 Pro+ vs Xiaomi Mi 10 Ultra vs OPPO Find X2 Pro: Perbandingan Spesifikasi

Berikut perbandingan spesifikasi Xiaomi Mi 11 dan OPPO Find X2:

Xiaomi Mi 11

Desain

Sangat sulit untuk memilih desain terbaik di antara kedua perangkat ini, semua tergantung selera pribadi. Xiaomi Mi 11 memiliki varian eco-leather yang sangat menarik, namun OPPO Find X2 tersedia dalam versi keramik yang lebih tipis dan ringan dari Xiaomi Mi 11, serta lebih kompak. Detail penting lainnya, OPPO Find X2 tahan percikan air, sedangkan Xiaomi Mi 11 tidak menawarkan sertifikasi apa pun terhadap debu dan air. Di sisi lain, Mi 11 memiliki perlindungan Gorilla Glass Victus yang seharusnya membuat kaca bagian belakang dan tampilannya lebih kokoh. Kedua ponsel hadir dengan layar melengkung, namun rasio screen-to-body Xiaomi Mi 11 sedikit lebih tinggi.

Layar

Xiaomi Mi 11 dan OPPO Find X2 sangat dekat bahkan dalam hal tampilan. Keduanya menampilkan panel Quad HD+ yang luar biasa yang menampilkan hingga satu miliar warna dan menawarkan kecepatan refresh 120 Hz, serta sertifikasi HDR10+. Sepertinya Mi 11 memiliki kecerahan puncak yang lebih tinggi dengan 1500 nits, tetapi OPPO Find X2 menjamin kualitas gambar yang memukau dari setiap sudut pandang. Anda hanya akan mendapatkan sedikit perbedaan, yang benar-benar membuat perbedaan adalah tampilan diagonal, pada Mi 11 berukuran 6,81 inci, sedangkan OPPO Find X2 memiliki layar 6,7 inci. Dalam kedua perangkat, Anda mendapatkan panel AMOLED dengan pemindai sidik jari dalam layar.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Untuk dapur pacu Xiaomi Mi 11 lebih maju daripada dapur pacu yang ditawarkan oleh OPPO Find X2. Anda mendapatkan chipset yang lebih kuat yakni Snapdragon 888 dengan pemrosesan 5nm, Sedangkan Snapdragon 865 akan Anda temukan pada OPPO Find X2. SoC Qualcomm terbaik tahun 2021 dipasangkan dengan RAM hingga 12GB dan penyimpanan internal hingga 256GB. Meskipun tidak didukung oleh Snapdragon 888, OPPO Find X2 tetap menjadi salah satu flagships tercepat dan menjamin kinerja luar biasa di setiap skenario. Kedua flagship ini memiliki konfigurasi memori akhir yang sama: 12/256GB, tetapi Mi 11 memiliki penyimpanan asli UFS 3.1, bukan UFS 3.0.

Kamera

Di atas kertas, OPPO Find X2 memenangkan perbandingan kamera kami karena alasan sederhana: termasuk sensor telefoto dengan zoom optik, sedangkan Xiaomi Mi 11 tidak. Anda tidak mendapatkan zoom optik dengan Mi 11, tetapi kamera utama 108 MP-nya luar biasa dalam hal kualitas foto. Dan bahkan mampu merekam video 8K. Tapi OPPO Find X2 adalah ponsel kamera yang luar biasa juga. OPPO Find X2 menang bahkan dalam hal kamera depan, berkat kamera selfie 32 MP.

Baca juga: iPhone 12 Pro Max vs Huawei Mate 40 Pro vs Samsung Galaxy Note20 Ultra: Perbandingan Spesifikasi

Baterai

Xiaomi Mi 11 mengemas baterai 4600 mAh yang lebih besar dan mampu menjamin masa pakai baterai yang lebih lama dalam banyak skenario tidak hanya karena baterai yang lebih besar tetapi juga karena chipsetnya dibangun pada 5 nm dan lebih efisien daripada Snapdragon 865. OPPO Find X2 memiliki teknologi pengisian kabel yang lebih cepat dengan daya 65W, sedangkan Mi 11 berhenti pada 55W. Tetapi OPPO Find X2 tidak memiliki pengisian nirkabel, sementara Mi 11 memiliki fitur pengisian nirkabel cepat (daya 50W) dan pengisian nirkabel terbalik.

Harga

OPPO Find X2 memiliki daftar harga Rp 15 jutaan di pasar global, sementara Xiaomi Mi 11 masih belum mendunia, jadi kami tidak tahu berapa biayanya. Di Cina, mulai dari sekitar harga Rp 8,5 jutaan. Pada akhirnya, Mi 11 terlihat lebih baik dalam hal perangkat keras dan baterai, sedangkan OPPO Find X2 lebih kompak dan fitur kamera yang lebih menarik. Mana yang akan Anda pilih?

 

Berita Lainnya

Leave a Comment