Home GadgetSmartphone POCO X3 NFC vs Redmi Note 9 Pro vs Xiaomi Mi Note 10 Lite: Perbandingan Spesifikasi
POCO X3 NFC

POCO X3 NFC vs Redmi Note 9 Pro vs Xiaomi Mi Note 10 Lite: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, JakartaXiaomi baru saja menghadirkan perangkat yang sudah dianggap oleh banyak orang sebagai smartphone dengan nilai uang tertinggi di tahun 2020 yakni POCO X3 NFC.

Dengan ponsel ini, Anda mendapatkan banyak fitur dengan harga yang sangat terjangkau. Perangkat ini baru saja diluncurkan di pasar global, di mana beberapa ponsel anggaran Xiaomi sebenarnya termasuk yang terlaris tahun ini.

Tapi apakah POCO X3 NFC baru lebih baik dari ponsel Xiaomi lainnya? Kami akan mencoba menjawab pertanyaan ini dalam perbandingan antara POCO X3 NFC, Xiaomi Mi Note 10 Lite, dan Redmi Note 9 Pro untuk kali ini.

Baca juga: Vivo X50 Pro+ vs Xiaomi Mi 10 Ultra vs OPPO Find X2 Pro: Perbandingan Spesifikasi

POCO X3 NFC

Desain

Sekilas Anda tidak akan mengatakan bahwa Xiaomi Mi Note 10 Lite adalah perangkat paling premium dari trio ini karena waterdrop notch-nya, karena kedua rivalnya hadir dengan tampilan punch-hole yang lebih modern. Namun kenyataannya Xiaomi Mi Note 10 Lite lebih kompak dan juga dibuat dengan material yang lebih premium, termasuk kaca belakang yang dilindungi Gorilla Glass 5 dan bingkai aluminium. Dengan POCO X3 NFC, Anda mendapatkan hanya dapat bingkai aluminium tetapi bagian belakang plastik, sedangkan Redmi Note 9 Pro memiliki bagian belakang kaca dan bingkai plastik. Itulah mengapa Xiaomi Mi Note 10 Lite memenangkan perbandingan desain. Tetapi Anda harus mencatat bahwa POCO X3 NFC tahan percikan air dengan sertifikasi IP53.

Layar

Apakah Anda lebih suka memiliki layar AMOLED dengan kecepatan refresh standar atau panel IPS dengan kecepatan refresh 120 Hz yang tinggi? Jika Anda membutuhkan kualitas gambar yang lebih baik, maka Anda harus memilih tampilan HDR10 dari Xiaomi Mi Note 10 Lite yang hadir dengan teknologi AMOLED. Jika Anda membutuhkan pengalaman menonton yang lebih lancar karena Anda seorang gamer atau Anda hanya menyukai kehalusan, pilih POCO X3 NFC, tetapi Anda akan mendapatkan kualitas gambar yang lebih rendah. Redmi Note 9 Pro cukup mengecewakan karena menampilkan layar IPS klasik dengan kecepatan refresh standar. Perhatikan bahwa Xiaomi Mi Note 10 Lite memiliki layar yang lebih kecil dari dua lawannya (6,47 inci vs 6,67 inci).

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Chipset paling canggih milik POCO X3 NFC, kenapa? perangkat ini menggunakan Snapdragon 732G yang sebenarnya merupakan peningkatan dari Snapdragon 730G yang ditemukan pada Xiaomi Mi Note 10 Lite. Tetapi ada sesuatu yang perlu diperhatikan, perbedaan antara Snapdragon 730G dan 732G tidak besar, dan Xiaomi Mi Note 10 Lite menawarkan jumlah RAM yang lebih tinggi dalam konfigurasi paling canggihnya (8GB vs 6GB). Itu sebabnya Xiaomi Mi Note 10 Lite terlihat menjadi pilihan yang lebih menarik. Kami membuang Redmi Note 9 Pro karena hadir dengan Snapdragon 720G yang lebih lemah dan RAM maksimal 6GB. Ketiganya sudah menggunakan Android 10,  tetapi hanya dengan POCO X3 NFC Anda mendapatkan MIUI 12 secara langsung.

Kamera

Dengan POCO X3 NFC, Anda mendapatkan pengalaman kamera yang sedikit lebih baik karena memiliki sensor ultrawide yang lebih baik dengan resolusi 13MP. Tapi kamera makronya kalah dengan resolusi 2MP. Perbedaan antara kamera POCO X3 NFC, Xiaomi Mi Note 10 Lite, dan Redmi Note 9 Pro hanya marjinal dan dalam setiap perangkat, kami berbicara tentang ponsel kamera kelas menengah.

Baca juga: Xiaomi Mi 10 Ultra vs Samsung Galaxy Note20 Ultra vs Huawei P40 Pro+: Perbandingan Spesifikasi

Baterai

Xiaomi Mi Note 10 Lite menyediakan baterai terbesar dan daya tahan baterai terlama karena menampilkan layar AMOLED yang lebih efisien dan lebih kecil. Setelah itu, meski baterainya lebih kecil dari POCO X3 NFC, harus ada Redmi Note 9 Pro karena hadir dengan kecepatan refresh standar. Tapi POCO X3 NFC masih merupakan ponsel baterai yang bagus.

Harga

POCO X3 NFC membawa harga mulai dari Rp 3,2 jutaan (RAM 6GB) ponsel ini memiliki nilai terbaik menurut kami, Xiaomi Mi Note 10 Lite adalah favorit karena karena layar AMOLED-nya, desain yang lebih premium, dan baterai yang lebih besar. Namun, Anda harus menghabiskan hampir Rp 4,7 jutan untuk mendapatkannya. Dengan adanya POCO X3 NFC, tidak ada alasan untuk membeli Redmi Note 9 Pro dengan harga mulai dari Rp 3,2 jutaan, jadi Anda harus menunggu harganya turun jika Anda tertarik.

Berita Lainnya

Leave a Comment