Home GadgetSmartphone Samsung Galaxy S22+ vs Vivo X80 Pro: Perbandingan Spesifikasi
Vivo X80 Pro

Samsung Galaxy S22+ vs Vivo X80 Pro: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, JakartaVivo X80 Pro baru saja diluncurkan secara global dan siap bersaing dengan flagships terbaik di pasaran. Ini jelas merupakan ponsel yang hebat, meskipun mungkin ada varian yang lebih baik dan mungkin diluncurkan pada paruh kedua tahun ini. Sementara itu, Vivo X80 Pro saat ini merupakan ponsel Vivo tercanggih untuk pasar global dan mungkin akan segera hadir juga di Indonesia. Itulah alasan mengapa perbandingan antara perangkat ini dan flagship paling penting dari merek lain mungkin sangat berguna pada periode ini. Untuk perbandingan ini, kami memilih Samsung Galaxy S22 + karena merupakan flagship Samsung tercanggih di kisaran harga yang sama dengan Vivo X80 Pro.

Baca juga: OPPO Reno8 Pro vs realme GT Neo3: Perbandingan Spesifikasi

Vivo X80 Pro

Desain

Desain Samsung Galaxy S22+ luar biasa, sangat orisinal dan bahkan berbeda dari kebanyakan flagships lain di luar sana. Modul kamera adalah hal yang paling indah, tetapi ponsel ini juga dilengkapi dengan bahan yang bagus, kaca untuk bagian depan dan belakang yang dilindungi oleh Gorilla Glass Victus Plus, dan aluminium untuk bingkai. Tetapi Vivo X80 Pro adalah saingan sempurna untuk perangkat ini bahkan dalam hal desain. Layarnya yang melengkung membuatnya sangat elegan, meski mungkin tidak semua orang menyukai modul kameranya yang besar. Selanjutnya, ia hadir dalam dua varian warna dengan bagian belakang berbahan keramik dan kulit. Di sisi lain, Samsung Galaxy S22 Plus lebih tipis dan ringan, serta ponsel yang lebih ringkas. Kedua handset tahan air dengan sertifikasi IP68.

Layar

Meskipun Samsung menjadi produsen layar utama di dunia Android, jika Anda mencari layar paling canggih, maka Anda harus memilih Vivo X80 Pro. Pertama-tama, ia memiliki layar yang lebih lebar, dengan diagonal 6,78 inci. Selanjutnya, ia hadir dengan teknologi LTPO 3.0 yang memungkinkan kecepatan refresh adaptif dari 1 hingga 120 Hz dan konsumsi energi yang sangat rendah. Last but not least, ia menampilkan resolusi Quad HD+ yang lebih tinggi dengan 1440 x 3200 piksel. Layar lebih unggul dalam hal kontrol kehalusan dan bahkan dalam hal tingkat detail. Kelemahan Vivo X80 Pro adalah dimensinya, karena memiliki layar yang lebih besar, sedangkan Samsung Galaxy S22+ pasti lebih tipis dan lebih ringkas.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Samsung Galaxy S22 Plus dan Vivo X80 Pro ditenagai oleh Snapdragon 8 Gen 1 yang dibangun dengan pemrosesan 4 nm dan berjalan pada frekuensi maksimal 3 GHz, tetapi ada varian andalan Samsung untuk pasar tertentu yang dilengkapi dengan Samsung Exynos 2200 inferior dibangun pada 4 nm dan berjalan dengan frekuensi maksimal 2,8 GHz. Jadi, jika Anda tinggal di wilayah tertentu seperti Eropa, Vivo X80 Pro akan menjadi pilihan yang lebih baik untuk Anda. Ada hal lain untuk dikatakan: X80 Pro hadir dengan RAM hingga 12GB, sementara Anda hanya mendapatkan RAM 8GB dengan Galaxy S22 Plus. Kedua perangkat menjalankan Android 12, tetapi Galaxy kemungkinan akan mendapatkan dukungan perangkat lunak yang lebih lama berkat kebijakan peningkatan Samsung selama 4 tahun.

Kamera

Ponsel kamera terbaik dalam perbandingan ini adalah Vivo X80 Pro dan tidak ada keraguan tentang ini. Pertama-tama, ia memiliki kamera utama yang lebih baik dengan aperture fokus f/1.6 yang lebih cerah dan autofokus laser. Lebih lanjut, tidak seperti Samsung Galaxy S22 Plus, ia menggunakan kamera periskop 8 MP dengan zoom optik 5x. Last but not least, ia memiliki sensor ultrawide 48 MP yang lebih baik.

Baca juga: Vivo X80 vs X80 Pro: Perbandingan Spesifikasi

Baterai

Vivo X80 Pro dilengkapi dengan baterai yang lebih besar dan, meskipun memiliki layar yang lebih besar dengan resolusi yang lebih tinggi, kemungkinan akan bertahan lebih lama dengan sekali pengisian daya dalam satu waktu. Selanjutnya, pengisian daya lebih cepat berkat pengisian kabel cepat 80W dan pengisian nirkabel cepat 50W. Jadi handset ini menawarkan masa pakai baterai yang lebih lama dan kecepatan pengisian yang lebih cepat.

Harga

Samsung Galaxy S22 Plus memiliki harga mulai sekitar Rp 15 jutaan, sedangkan Vivo X80 Pro masih belum tersedia di Indonesia Rp  15 jutaan. Vivo sebenarnya adalah perangkat yang unggul berkat layarnya yang lebih baik, kamera yang unggul, baterai yang lebih besar, dan pengisian yang lebih cepat, sedangkan Galaxy S22 Plus akan mendapatkan dukungan perangkat lunak yang lebih lama. Mana yang akan Anda pilih?

 

Berita Lainnya

Leave a Comment