Home GadgetSmartphone Xiaomi 12 Pro vs Vivo X80 Pro: Perbandingan Spesifikasi
Vivo X80 Pro

Xiaomi 12 Pro vs Vivo X80 Pro: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, JakartaVivo secara resmi meluncurkan seri X80 di pasar global: berisi flagships baru raksasa Cina dengan varian tercanggih bernama Vivo X80 Pro. Perusahaan memutuskan untuk tidak meluncurkan varian Pro+, setidaknya untuk saat ini, sehingga Pro saat ini menjadi andalannya yang paling canggih untuk pasar global. Sambil menunggu peluncuran flagship ini di pasar Indonesia, inilah saatnya untuk membandingkannya dengan flagship terbaik dari perusahaan Cina lainnya. Salah satu yang paling menarik di pasar global adalah Xiaomi 12 Pro, mengemas spesifikasi yang luar biasa dengan hampir tanpa kompromi. Berikut perbandingan spesifikasi Vivo X80 Pro dengan Xiaomi 12 Pro.

Baca juga: OPPO Reno8 Pro vs realme GT Neo3: Perbandingan Spesifikasi

Vivo X80 Pro

Desain

Apakah kamu lebih suka memiliki tampilan yang lebih menarik atau kualitas build yang lebih baik dengan lebih banyak perlindungan? Jika jawaban adalah yang pertama, maka pilihlah Xiaomi 12 Pro: ia memiliki tampilan yang sangat elegan dengan bezel tipis dan modul kamera non-invasif yang ditempatkan di bagian belakang kaca. Di sisi lain, Vivo X80 Pro tahan air dan tahan debu dengan sertifikasi IP68, sedangkan flagship Xiaomi tidak. Vivo memiliki modul kamera yang lebih besar, sehingga ponsel ini pasti kurang elegan dan menarik, tetapi tahan air dianggap sebagai fitur yang sangat penting untuk sebuah flagship. X80 Pro juga hadir dalam varian warna dengan bahan yang berbeda, termasuk versi kulit dan versi keramik.

Layar

Vivo X80 Pro dan Xiaomi 12 Pro sangat dekat dalam hal layar. Keduanya hadir dengan panel AMOLED dengan resolusi Quad HD+ tinggi 1440p, kecepatan refresh adaptif dari 1 hingga 120 Hz, kemampuan menampilkan hingga satu miliar warna, sertifikasi HDR10+, dan kecerahan sangat tinggi. Di antara spesifikasi tampilan Xiaomi 12 Pro, ada Dolby Vision, sedangkan Vivo X80 Pro menambahkan teknologi LTPO 3.0 yang memberikan konsumsi energi lebih rendah, serta sensor sidik jari dalam layar ultrasonik, bukan optik. Sayangnya, Vivo X80 Pro tidak memiliki speaker stereo, sedangkan flagship Xiaomi hadir dengan speaker stereo Harman Kardon yang hebat.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Tingkat performa yang diberikan oleh Vivo X80 Pro dan Xiaomi 12 Pro kurang lebih sama karena hadir dengan perangkat keras yang sama. Mereka ditenagai oleh Snapdragon 8 Gen 1 yang dibangun pada 4 nm dan berjalan pada frekuensi maksimum 3 GHz, dipasangkan dengan RAM hingga 12GB dan penyimpanan internal UFS 3.1. Dengan Vivo X80 Pro, kamu bisa mendapatkan lebih banyak penyimpanan internal hingga 512GB, tetapi tidak memengaruhi kinerja. Yang benar-benar berbeda adalah perangkat lunaknya: keduanya berbasis Android 12, tetapi Xiaomi 12 Pro telah menginstal MIUI, sedangkan X80 Pro hadir dengan OriginOS atau Funtouch OS tergantung pada pasar.

Kamera

Jika kamu mencari ponsel kamera yang lebih canggih, maka Anda harus memilih Vivo X80 Pro tanpa berpikir dua kali. Pertama-tama, ia memiliki kamera utama yang lebih baik dengan aperture f/1.6 yang lebih cerah dan autofokus laser. Itu juga dilengkapi dengan sensor periskop yang mendukung OIS dan zoom optik 5x, sedangkan Xiaomi 12 Pro tidak memiliki kamera periskop. Unggulan Xiaomi memiliki kamera ultrawide 50 MP yang lebih baik dan bahkan kamera telefoto yang lebih baik, tetapi berhenti pada zoom optik 2x. Jadi tidak perlu diragukan lagi ponsel kamera mana yang terbaik di sini.

Baca juga: Redmi 10A vs realme C31 vs Moto E32: Perbandingan Spesifikasi

Baterai

Baterai kedua ponsel ini tidak di atas rata-rata tetapi mampu memberikan daya tahan baterai yang lebih dari cukup. Mengingat perbedaan kecil antara kapasitas dan komponennya yang serupa, kedua baterai ini harus memberikan masa pakai baterai yang serupa. Namun Xiaomi 12 Pro mampu mengisi daya lebih cepat berkat pengisian cepat 120W.

Harga

Harga awal Xiaomi 12 Pro Rp 12 jutaan, sementara kamu membutuhkan setidaknya Rp 13 jutaan untuk Vivo X80 Pro. Jadi smartphone mana yang terbaik? Nah, Vivo X80 Pro terlihat sedikit lebih menarik karena memiliki departemen kamera yang unggul: berkat kamera periskop, kamu mendapatkan kemampuan zoom yang lebih baik, dan kamera utama harus memberikan kualitas dan stabilisasi yang lebih baik. Xiaomi 12 Pro mendukung teknologi pengisian daya yang lebih cepat dan perangkat lunak yang lebih canggih, sehingga memiliki kelebihan, tetapi kamera memiliki nilai lebih tinggi jika dibandingkan dengan yang lain. Mana yang akan kamu pilih?

 

Berita Lainnya

Leave a Comment