Home GadgetSmartphone Xiaomi 12 vs Xiaomi 12 Pro: Perbandingan Spesifikasi
Xiaomi 12 Pro

Xiaomi 12 vs Xiaomi 12 Pro: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – Seri baru Xiaomi 12 akhirnya resmi diperkenalkan. Adapun saat ini, terdiri dari tiga varian: Xiaomi 12, Xiaomi 12 Pro , dan Xiaomi 12X. Tetapi sementara yang ketiga dapat dianggap sebagai ponsel kelas menengah atas karena ditenagai oleh chipset Snapdragon 870, yang pertama dan yang kedua adalah flagships luar biasa yang dilengkapi dengan SoC Qualcomm terbaik yang pernah ada. Tepat setelah peluncuran resmi, banyak orang bertanya-tanya apa perbedaan antara versi standart dan varian Pro. Perbandingan antara Xiaomi 12 dan 12 Pro ini akan memperjelas Anda.

Baca juga: Vivo V23e 4G vs Vivo V23e 5G: Perbandingan Spesifikasi

Xiaomi 12 Pro

Desain

Dengan pengecualian detail kecil, varian Xiaomi 12 dan Pro hadir dengan desain yang sama. Mereka memiliki layar melengkung di tepinya dengan rasio layar terhadap bodi yang sangat tinggi, serta bodi kaca + logam dengan modul kamera persegi panjang termasuk sensor yang lebih besar dan dua yang lebih kecil. Ponsel ini terlihat sangat cantik dan futuristik, dan bahkan ditawarkan dalam pilihan warna khusus dengan bagian belakang kulit vegan. Perbedaan estetika yang paling penting antara kedua perangkat ini adalah dimensi: versi standart adalah salah satu flagships paling kompak dan memiliki kurang lebih sama dengan dimensi iPhone 13, sedangkan varian Pro adalah phablet dengan layar lebar dan dimensi khas ponsel flagship.

Layar

Salah satu keunggulan Xiaomi 12 Pro jika dibandingkan dengan versi standart adalah spesifikasi layarnya. Panel Xiaomi 12 Pro adalah layar AMOLED dengan teknologi LTPO yang memungkinkan kecepatan refresh adaptif dari 1 hingga 120 Hz. Layar ini hadir dengan resolusi Quad HD+ 1440 x 3200 piksel, satu miliar warna, Dolby Vision, dan sertifikasi HDR10+, serta pemindai sidik jari dalam layar. Xiaomi 12 memiliki resolusi Full HD+ yang lebih rendah dan tidak memiliki teknologi LTPO. Perhatikan bahwa tampilan versi standart memiliki diagonal hanya 6,28 inci, sedangkan versi Pro memiliki panel 6,73 inci.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Tidak ada perubahan di departemen perangkat keras dan ini sangat penting untuk ponsel yang ringkas dan terjangkau seperti Xiaomi 12. Kedua handset ini ditenagai oleh platform seluler Snapdragon 8 Gen 1 yang saat ini merupakan chip terbaik yang dirilis oleh Qualcomm. SoC dipasangkan dengan RAM hingga 12GB dan penyimpanan internal hingga 256GB. Meskipun MIUI 13 akan resmi bersama perangkat baru ini (dengan fitur yang ditingkatkan dan interkoneksi dengan perangkat Xiaomi lainnya), mereka masih menjalankan MIUI 12.5 dan mereka akan diperbarui ke MIUI 13 pada akhir Januari di pasar Cina.

Kamera

Xiaomi 12 Pro jauh lebih baik daripada versi standart sebagai ponsel kamera dan jelas merupakan salah satu ponsel kamera terbaik di pasar. Di bagian belakang terdapat kamera utama Sony IMX707 50 MP, sensor telefoto 50 MP dengan 2x optical zoom, dan kamera ultrawide 50 MP. Versi vanilla memiliki Sony IMX766 kelas bawah dengan resolusi 50 MP sebagai sensor utama, kamera ultrawide 13 MP, dan sensor makro telefoto 5 MP.

Baca juga: Redmi Note 11 vs realme 8 5G vs Galaxy M32 5G: Perbandingan Spesifikasi

Baterai

Meskipun dimensinya lebih besar, Anda tidak mendapatkan baterai yang jauh lebih besar dengan Xiaomi 12 Pro. Kapasitasnya 4600 mAh, hanya 100 mAh lebih banyak dari Xiaomi 12. Jadi daya tahan baterainya harus sangat mirip. Xiaomi 12 Pro memiliki fitur pengisian cepat 120W dan pengisian nirkabel 50W, sedangkan versi standart memiliki pengisian cepat 67W dan pengisian nirkabel 50W.

Harga

Harga awal Xiaomi 12 di China secara kasar dikisaran Rp 8 jutaan, sedangkan versi Pro mulai dari Rp 10 jutaan. Secara keseluruhan, versi Pro menawarkan layar yang lebih besar dan lebih baik serta kamera superior dan teknologi pengisian kabel yang lebih cepat. Selebihnya, kedua ponsel ini hampir sama.

 

Berita Lainnya

Leave a Comment