Home GadgetSmartphone Xiaomi 12T Pro vs OnePlus 10T: Perbandingan Spesifikasi
Xiaomi 12T Pro

Xiaomi 12T Pro vs OnePlus 10T: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, JakartaXiaomi baru-baru ini mengumumkan seri andalan baru untuk pasar internasional, seri Xiaomi 12T yang mencakup Xiaomi 12T dan Xiaomi 12T Pro. Seperti smartphone seri-T yang diluncurkan sebelumnya, seri 12T juga berfokus untuk menghadirkan nilai uang terbaik. Jelas, ini adalah seri flagship perusahaan untuk pasar internasional, menempatkannya dalam persaingan langsung dengan model andalan lainnya seperti OnePlus 10T.  Jadi, mari kita lihat lebih baik mana antara  Xiaomi 12T Pro dibandingkan OnePlus 10T secara spesifikasi. Kamu akan terkejut betapa mirip keduanya dalam hal ukuran dan fitur.

Baca juga: Infinix Zero 20 vs Infinix Zero Ultra: Perbandingan Spesifikasi

Xiaomi 12T Pro

Desain

Seperti disebutkan di atas, Xiaomi 12T Pro dan OnePlus 10T memiliki dimensi yang serupa. Keduanya juga memiliki berat yang sama, sekitar 205 gram, sehingga keseluruhan rasa di tangan akan serupa pada kedua model tersebut.

Di bagian belakang, Xiaomi 12T Pro hadir dengan pengaturan tiga kamera dalam susunan vertikal, sedangkan OnePlus 10T menampilkan tiga kamera dalam modul kamera horizontal khas OnePlus. Namun, OnePlus 10T yang dibawanya memiliki corak warna Jade Green yang menarik, yang memberikan tampilan unik. 12T Pro hadir dalam tiga pilihan warna, yaitu Hitam, Silver, dan Biru.

Kedua model ini tahan debu dan air, tetapi jangan sembarangan mencelupkannya ke dalam air karena tidak tahan air.

Desain selalu merupakan departemen subjektif, jadi itu tergantung pada preferensi pribadi kamu apakah menyukai OnePlus 10T atau Xiaomi 12T Pro.

Layar

Seperti disebutkan di atas, mengingat dimensinya yang serupa, kedua ponsel juga memiliki ukuran layar yang sama. Xiaomi 12T Pro hadir dengan layar beresolusi 6,67 inci 1220 x 2712 piksel dengan HDR10, kecepatan refresh 120Hz, dan pembaca sidik jari dalam layar. Sebagai perbandingan, OnePlus 10T hadir dengan panel Fluid AMOLED 6,7 inci dengan resolusi 1080 x 2412 piksel yang sedikit lebih rendah, kecepatan refresh 120Hz, dan dukungan HDR10+.

Kedua perangkat juga dilindungi oleh kaca Gorilla Corning. Secara keseluruhan, kedua tampilan ini sangat mirip dan seharusnya menawarkan pengalaman menonton yang luar biasa.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Baik Xiaomi 12T Pro dan OnePlus 10T hadir dengan chip Snapdragon 8+ Gen 1 terbaru yang dibangun pada proses produksi 4 nm dan menggunakan arsitektur octa-core yang terdiri dari CPU Cortex X2 yang berjalan pada frekuensi maksimal 3,19 GHz, tiga Cortex A710 CPU berjalan pada 2,75 GHz, empat Cortex A510 berjalan pada 2 GHz, dan GPU Adreno 730.

Kedua ponsel ini juga menawarkan RAM hingga 12GB dan penyimpanan internal UFS 3.1 hingga 256GB.

Xiaomi 12T Pro berjalan pada MIUI 13 berdasarkan Android 12 sedangkan OnePlus 10T berjalan pada OxygenOS 12.1 berdasarkan Android 12. Khususnya, kedua model akan segera ditingkatkan ke versi Android 13 terbaru.

Kamera

Xiaomi 12T Pro tampaknya memiliki keunggulan di departemen kamera, karena menampilkan kamera 200 MP pertama di dunia pada smartphone. Namun, sensor lainnya pada perangkat, yaitu penembak ultrawide 8 MP dan sensor makro 2 MP, cukup rata-rata.

Sebagai perbandingan, OnePlus 10T memiliki fitur kamera utama 50MP, yang seharusnya juga menghasilkan gambar yang cukup bagus. Tidak mengherankan, OnePlus juga mengadopsi rute rata-rata yang serupa untuk sensor lainnya. Nyatanya, sensor ultra lebar dan makro terlihat identik dengan yang ditemukan pada model Xiaomi!

Kamera seri 12T Xiaomi tidak pernah menjadi nilai jual terbesar mereka, tetapi yakinlah bahwa Xiaomi 12T Pro dan OnePlus 10T akan menawarkan pengalaman kamera di atas rata-rata.

Untuk menangani selfie, Xiaomi 12T Pro mendapatkan kamera depan 20MP, sedangkan OnePlus 10T memiliki kamera selfie 16MP.

Baca juga: iPhone 14 Pro Max vs iPhone 13 Pro Max: Perbandingan Spesifikasi

Baterai

Xiaomi 12T Pro hadir dengan baterai 5000 mAh yang telah menjadi standar di antara sebagian besar perangkat unggulan. Ini fitur teknologi pengisian ultra cepat 120W, memastikan kamu mencapai 100% dalam waktu kurang dari 20 menit.

Namun, OnePlus 10T melangkah lebih jauh dengan dukungan pengisian daya 150W yang mengejutkan untuk baterai 4800mAh-nya.

Sayangnya, kedua merek tersebut belum menyertakan wireless charging di perangkat mereka untuk memastikan harganya tetap rendah.

Harga

Xiaomi 12T Pro diluncurkan secara internasional dengan banderol harga mulai dari Rp 14 jutaan. OnePlus 10T di sisi lain dapat dibeli sekitar Rp 9 jutaan melalui online.

 

Berita Lainnya

Leave a Comment