Home GadgetSmartphone Xiaomi Mi 11 vs Samsung Galaxy Note 20: Perbandingan Spesifikasi
Xiaomi Mi 11

Xiaomi Mi 11 vs Samsung Galaxy Note 20: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – Setiap kali flagship killer baru muncul, banyak orang bertanya-tanya apakah mereka harus memilih yang baru atau flagship papan atas yang dirilis oleh konkurensi selama tahun sebelumnya. Xiaomi Mi 11 baru saja resmi dengan platform seluler Snapdragon 888 salah satu chipset terkuat, tetapi apakah itu benar-benar pilihan terbaik dalam penawaran harganya? Untuk memberi tahu Anda tentang hal ini, kami memutuskan untuk membandingkannya dengan flagship Samsung dalam kisaran harga yang sama. Mengingat Galaxy Note 20 Ultra pasti terlalu mahal untuk perbandingan ini, kami memilih Samsung Galaxy Note 20 standart untuk perbandingan spesifikasi dengan Mi 11.

Baca juga: iPhone 12 Pro Max vs Huawei Mate 40 Pro vs Samsung Galaxy Note20 Ultra: Perbandingan Spesifikasi

Xiaomi Mi 11

Desain

Meski merupakan flagship, Samsung Galaxy Note 20 tidak hadir dengan material premium seperti Xiaomi Mi 11. Yang mengejutkan, tidak seperti flagships Samsung, perangkat ini hanya menggunakan bodi plastik. Di sisi lain, Mi 11 menawarkan bagian belakang kaca yang dilindungi oleh Gorilla Glass dan bingkai aluminium, serta layar yang dilindungi oleh Gorilla Glass Victus. Sangat kokoh, tahan, dan sangat elegan berkat bahan premiumnya. Tetapi Samsung Galaxy Note 20 memiliki keunggulan penting, tahan air berkat sertifikasi IP68.

Layar

Untuk sektor ini Samsung memiliki tampilan terbaik, tetapi dalam perbandingan kali ini, Samsung Galaxy Note 20 bukanlah pemenangnya. Xiaomi Mi 11 memiliki layar superior dengan resolusi Quad HD+ yang lebih tinggi dan kecepatan refresh 120 Hz yang lebih tinggi. Samsung Galaxy Note 20 memiliki tampilan Full HD+ dengan kecepatan refresh standar. Tetapi bahkan ketika menyangkut tampilan, Samsung memiliki keunggulan: Samsung Galaxy Note 20 mendukung S Pen untuk tulisan tangan dan gambar, fitur yang sangat menarik bagi pengguna produktivitas. Seri Samsung Galaxy Note dan seri Huawei Mate 40 sebenarnya adalah satu-satunya seri yang mendukung pena berkat digitizer aktif.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Xiaomi Mi 11 sudah pasti pemenangnya dengan memiliki prosesor yang lebih bertenaga. Mi 11 adalah ponsel pertama yang menampilkan platform seluler Snapdragon 888, yang merupakan SoC Qualcomm paling kuat yang dirilis hingga sekarang. Dengan Xiaomi Mi 11, Anda juga mendapatkan RAM hingga 12GB dan penyimpanan internal UFS 3.1. Samsung Galaxy Note 20 memiliki chipset Snapdragon 865+ yang lebih tua dan kurang kuat di varian AS dan Exynos 990 yang lebih tua dalam versi Eropa. Namun dalam setiap perangkat, Anda mendapatkan dukungan 5G. Xiaomi Mi 11 menggunakan sistem operasi  Android 11, sementara Samsung Galaxy Note 20 menggunakan Android 10.

Kamera

Samsung Galaxy Note 20 sebenarnya adalah ponsel kamera yang lebih menarik. Xiaomi Mi 11 memiliki kamera utama 108 MP yang luar biasa, tetapi tidak memiliki sensor telefoto. Di Samsung Galaxy Note 20, Anda mendapatkan lensa telefoto 64 MP dengan 3x hybrid zoom, serta sensor utama 12 MP dengan OIS dan kamera ultrawide 12 MP. Terakhir, Samsung Galaxy Note 20 memiliki fitur kamera depan 10 MP yang lebih baik yang dapat merekam video 4K. Dalam beberapa skenario, Anda dapat mengambil foto yang lebih detail dengan Xiaomi Mi 11, tetapi Samsung Galaxy Note 20 jelas lebih baik berkat sensor sekundernya yang memberikan lebih banyak kemungkinan. Kamera depan Xiaomi Mi 11 bersensor 20 MP tapi sebenarnya inferior dan hanya bisa merekam video 1080p. Di sisi lain, Anda mendapatkan rekaman video 8K dari kamera belakang.

Baterai

Samsung Galaxy Note 20 ini memang bukan yang terbaik dari segi daya tahan baterai, apalagi versi Exynos yang konsumsi energinya cukup tinggi. Xiaomi Mi 11 memiliki baterai yang lebih besar dan tahan lebih lama dengan sekali pengisian daya dalam beberapa skenario, tetapi tampilan lebih membutuhkan energi. Kedua ponsel ini memiliki fitur pengisian nirkabel dan pengisian nirkabel terbalik, tetapi Anda mendapatkan kecepatan pengisian yang jauh lebih cepat dengan Xiaomi Mi 11. Mi 11 memiliki pengisian kabel 55W, pengisian cepat 50W, dan teknologi pengisian ulang 10W, sementara Samsung Galaxy Note 20 berhenti pada 25W , 15W, dan 4,5W.

Baca juga: Xiaomi Mi 11 vs Xiaomi Mi 10T Pro: Perbandingan Spesifikasi

Harga

Harga daftar Xiaomi Mi 11 mulai dari sekitar Rp 8,5 jutaan di pasar Cina. Smartphone masih belum hadir di pasar global, jadi kami belum tahu berapa biayanya. Kami akan memberi informasi ketika diluncurkan di pasar global. Samsung Galaxy Note 20 berharga sekitar Rp 12 jutaan di pasar global. Hasil perbandingan ini sangat jelas. Samsung Galaxy Note 20 menawarkan S Pen dan kamera yang lebih menarik, yang merupakan fitur penting bagi beberapa pengguna yang mencari smartphone kelas atas. Bahkan tahan air, tidak seperti kebanyakan ponsel di pasaran. Tetapi dengan Xiaomi Mi 11, Anda mendapatkan tampilan, desain, kecepatan pengisian daya yang lebih baik, dan departemen perangkat keras yang lebih baik. Kami pikir kebanyakan orang akan menganggap Xiaomi Mi 11 sebagai pilihan yang lebih menarik,

Berita Lainnya

Leave a Comment