Home GadgetSmartphone Samsung Galaxy S20 FE 5G vs OnePlus 8 vs Xiaomi Mi 10 Pro 5G
Galaxy S20 FE

Samsung Galaxy S20 FE 5G vs OnePlus 8 vs Xiaomi Mi 10 Pro 5G

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – Samsung merilis flagship barunya Samsung Galaxy S20 FE, menawarkan banyak hal tetapi tidak seperti flagships Samsung lainnya, perangkat ini hadir dengan label harga yang sangat menarik. Apakah cukup untuk mengalahkan pembunuh utama Tiongkok atau Anda bisa mendapatkan sesuatu yang lebih baik dalam waktu kedepan? Untuk memahaminya, kami memutuskan untuk membandingkannya dengan perangkat yang disebutkan di atas.

Ini adalah perbandingan spesifikasi mendalam antara Samsung Galaxy S20 FE, OnePlus 8, dan Xiaomi Mi 10 Pro. Bukan flagships paling terjangkau di luar sana, tetapi tiga perangkat yang dapat memberi Anda pengalaman pengguna lengkap dengan harga yang tidak berlebihan.

Baca juga: Huawei MatePad vs Samsung Galaxy Tab S6 Lite : Banyak Samanya Dibanding Bedanya

Perhatikan bahwa dalam perbandingan ini kami mengacu pada varian 5G dari Samsung Galaxy S20 FE yang menggunakan chipset Snapdragon 865 yang dijual di pasar global, bukan varian 4G dengan Exynos 990.

Galaxy S20 FE

Desain

Saya pribadi akan mengecualikan Samsung Galaxy S20 FE dari perbandingan desain di awal karena bahannya. Sementara OnePlus 8 dan Xiaomi Mi 10 Pro 5G hadir dengan material premium termasuk kaca belakang dan bingkai aluminium, Samsung Galaxy S20 FE memiliki bodi plastik. Lebih lanjut, OnePlus 8 dan Xiaomi Mi 10 Pro 5G hadir dengan layar lengkung yang lebih elegan, sedangkan Samsung Galaxy S20 FE memiliki layar datar. Di sisi lain, Samsung Galaxy S20 FE adalah satu-satunya ponsel tahan air dari ketiganya dan mengusung sertifikasi IP68 yang menawarkan perlindungan terhadap debu dan air.

Layar

Pada Galaxy S20 FE memiliki tampilan paling canggih. Bukan panel terbaik di luar sana, tetapi masih satu-satunya dalam perbandingan ini yang menawarkan kecepatan refresh 120 Hz. OnePlus 8 dan Xiaomi Mi 10 Pro 5G berhenti pada 90 Hz, sedangkan spesifikasi tampilan lainnya dari ketiga perangkat ini sangat mirip. Dengan semuanya, Anda mendapatkan resolusi Full HD + (dengan tingkat detail yang serupa) dan sertifikasi HDR10 + untuk streaming konten dengan kualitas gambar yang bagus.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Galaxy S20 FE, OnePlus 8, dan Xiaomi Mi 10 Pro 5G semuanya ditenagai oleh platform mobile Snapdragon 865 yang saat ini menjadi salah satu chipset terbaik yang bisa Anda dapatkan di pasar smartphone. Tetapi dengan OnePlus 8 dan Xiaomi Mi 10 Pro 5G, Anda sebenarnya bisa mendapatkan jumlah RAM yang lebih tinggi jika Anda memilih konfigurasi paling mahal, hingga 12GB. Jika Anda menggunakan Xiaomi Mi 10 Pro 5G, Anda bahkan mendapatkan lebih banyak penyimpanan internal (hingga 512 GB). Di sisi lain, Galaxy S20 FE mungkin diberkati dengan dukungan perangkat lunak yang lebih lama daripada Xiaomi Mi 10 Pro karena flagships Samsung mendapatkan pembaruan Android utama selama 3 tahun.

Kamera

Pengaturan kamera terbaik dimiliki oleh Xiaomi Mi 10 Pro 5G yang mencakup sensor utama 108 MP, lensa telefoto 12 MP dengan zoom optik 2x, lensa telefoto 8 MP dengan zoom optik 3,7x, sensor ultrawide 20 MP, dual OIS, dan fokus otomatis laser. Tepat setelah itu, kami mendapatkan Galaxy S20 FE dengan tiga kamera 12 MP termasuk sensor telefoto dengan zoom optik 3x (tetapi itu memenangkan perbandingan selfie berkat kakap depan 32 MP). OnePlus 8 mengecewakan karena tidak memiliki sensor telefoto dan memberikan kualitas foto yang secara keseluruhan lebih rendah.

Baca juga: Samsung Galaxy S20 FE vs Galaxy S20: Apa Perbedaannya?

Baterai

Kami tidak memiliki kesempatan untuk menguji semua perangkat ini, tetapi menilai dari spesifikasi di atas kertas, Xiaomi Mi 10 Pro 5G memiliki lebih banyak peluang untuk memberikan masa pakai baterai yang lebih lama dengan baterai 4500 mAh dan layar 90 Hznya. OnePlus 8 memiliki baterai yang lebih kecil dan, tidak seperti Xiaomi Mi 10 Pro dan Galaxy S20 FE, baterai ini tidak memiliki pengisian nirkabel dan membalikkan pengisian nirkabel.

Harga

Saat ini Anda dapat menemukan Xiaomi Mi 10 Pro dengan harga kurang dari Rp 13 jutaan,  Samsung Galaxy S20 FE juga berharga kurang dari Rp 13 jutaan. Dengan sedikit keberuntungan, Anda bisa mendapatkan OnePlus 8 dengan harga kurang dari Rp 11 jutaan. Sementara OnePlus 8 hanya memenangkan perbandingan harga lebih terjangkau, Xiaomi Mi 10 Pro dan Galaxy S20 FE sangat dekat. Kami akan memilih yang pertama karena departemen kameranya lebih baik, kecepatan pengisian daya, dan materialnya, tetapi Galaxy S20 FE 5G memiliki tampilan yang lebih baik dan tahan air.

Berita Lainnya

Leave a Comment